Comscore Tracker

Kronologi Penangkapan Hiendra Soenjoto, Tersangka Penyuap Nurhadi

Hiendra ditangkap di sebuah apartemen di BSD

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menangkap Hiendra Soenjoto, buronan kasus suap eks Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi. Hiendra ditangkap KPK pada Kamis (29/10/2020) di Apartemen kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten.

Berikut kronologi penangkapannya.

1. KPK dapatkan informasi keberadaan tersangka di BSD dari masyarakat

Kronologi Penangkapan Hiendra Soenjoto, Tersangka Penyuap NurhadiIlustrasi KPK (IDN Times/Mardya Shakti)

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengungkapkan bahwa pihaknya dibantu kepolisian aktif mencari Hiendra usai masuk dalam status Daftar Pencarian Orang (DPO). Pada Rabu, 28 Oktober 2020 KPK mendapat informasi bahwa sang buronan berada di sebuah apartemen di kawasan BSD.

Menurut informasi yang didapat KPK, apartemen itu merupakan milik teman Hiendra. Ia datang ke sana sekitar pukul 15.30 WIB.

"Atas informasi tersebut penyidik KPK berkoordinasi dengan pihak pengelola apartemen dan petugas security mengintai dan menunggu kesempatan agar bisa masuk ke unit salah satu apartemen dimaksud," jelas Lili dalam keterangan pers yang disiarkan di YouTube KPK.

Baca Juga: Hiendra Soenjoto, Buron Kasus Suap Eks Sekretaris MA Nurhadi Ditangkap

2. Hiendra ditangkap pukul 08.00 WIB

Kronologi Penangkapan Hiendra Soenjoto, Tersangka Penyuap NurhadiIlustrasi Suap (IDN Times/Mardya Shakti)

Hari ini, KPK langsung menangkap Hiendra ketika temannya sedang keluar mengambil barang di mobil. Lili mengungkapkan, penangkapan yang berlangsung pada pukul 08.00 WIB ini juga disaksikan oleh petugas keamanan apartemen dan polisi.

"Penyidik KPK kemudian membawa HS dan temannya ke kantor KPK. Tim KPK juga membawa dua unit kendaraan yang diduga digunakan HS dalam pelarian selama ini, alat komunikasi, dan barang-barang pribadi milik HS untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.

3. Tersangka akan lakukan isolasi mandiri 14 hari lebih dulu

Kronologi Penangkapan Hiendra Soenjoto, Tersangka Penyuap NurhadiIlustrasi KPK. (ANTARA FOTO/Muhammad Aditya)

Lili mengatakan bahwa Hiendra akan ditahan 20 hari pertama sejak hari ini hingga 17 November 2020 di Rumah Tahanan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Namun, sebelumnya ia diisolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19.

"Tersangka terlebih dahulu isolasi mandiri selama 14 hari di Rutan KPK Kavling C1," jelasnya.

Baca Juga: Eks Sekretaris MA Nurhadi Didakwa Terima Suap Rp45,7 Miliar

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya