Comscore Tracker

Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir Jakarta

DPRD DKI Jakarta akan bantu warga terdampak banjir

Jakarta, IDN Times - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Gerindra, Demokrat, NasDem, PSI, PAN, dan Golkar menyambangi korban banjir di sejumlah lokasi di Ibu Kota.

Dari kunjungan tersebut, para anggota dewan menemukan sejumlah hal serta menerima banyak aduan.

Salah satu lokasi yang dikunjungi anggota  DPRD DKI adalah Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. Seorang warga sempat mengadu bahwa pompa air yang ada rusak, sehingga tak beroperasi saat banjir.

Baca Juga: Bambang Soesatyo Kunjungi Pengungsian Korban Banjir di Pengadegan

1. Akibat pembangunan, gorong-gorong yang semula besar dipersempit hingga diduga jadi pemicu banjir

Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir JakartaDPRD DKI Jakarta saat meninjau banjir (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Tak hanya pompa rusak, anggota DPRD juga menemukan saluran air yang kurang memadai, hingga menjadi salah satu penyebab banjir di kawasan Semanan. Terlebih kawasan itu dikepung oleh rumah susun.

Ketua Fraksi Golkar Basri Baco menuturkan, sebelum ada rusun dan gedung-gedung, Kelurahan Semanan memiliki gorong-gorong besar. Namun kemudian diperkecil setelah adanya pembangunan.

"Ini perlu keseriusan segala SKPD terkait untuk menyelesaikan segera permasalahan ini. Kalau gak ini akan menjadi langganan banjir," tuturnya.

2. DPRD akan koordinasi dengan dinas terkait

Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir JakartaDPRD DKI Jakarta saat meninjau banjir (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Ketua Fraksi Gerindra Rani Mauliani mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera menyelesaikan sejumlah permasalahan yang dialami warga terdampak banjir.

Sebab, saat ini bantuannya masih terbatas untuk pangan. "Nanti yang lain-lainnya kami akan berkoordinasi dengan pemerintah wilayah agar bisa lebih maksimal," ujar Rani.

Terutama Dinas kebersihan karena sampahnya sangat banyak. "Takutnya bila hujan lagi dan sampahnya belum teratasi bisa menyebabkan banjir lebih parah lagi," dia melanjutkan.

3. DPRD DKI blusukan beri bantuan sembako dan santunan bagi korban banjir

Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir JakartaDPRD DKI Jakarta saat meninjau banjir (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Selain Basri dan Rani, ada pula Ketua Fraksi PAN Lukmanul Hakim, Ketua Fraksi PSI Idris Ahmad, Ketua Fraksi NasDem Wibi Andriano, dan Ketua Fraksi Demokrat Desie Christhyana.

Selain itu, hadir pula anggota-anggota DPRD DKI lainnya seperti Anggara Wicitra dan Anthony Winza dari Fraksi PSI, Wa Ode Herlina dari Fraksi PDIP, serta Farazandi dari Fraksi PAN.

"Kami turun untuk membuktikan kepada masyarakat, ini yang harus dilakukan oleh seorang anggota DPRD. Melihat langsung permasalahan yang ada," ujar Wibi Andrino.

Baca Juga: Petisi Copot Anies Baswedan Kembali Viral Usai Banjir Landa Jakarta

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya