Kurangi Polusi Jakarta, Lidah Mertua akan Dibagikan Cuma-Cuma

Tanaman itu dinilai efektif tangani polusi, benarkah?

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) rencananya akan membagikan tanaman Lidah Mertua secara cuma-cuma atau gratis pada warga ibu kota.

Rencananya hal itu akan dilakukan pada Agustus 2019 karena saat ini masih dalam tahap lelang.

"Kalau pembagian gratisnya kan setiap saat, ditukar pakai KTP dua tanaman. Itu untuk koleksi yang sekarang kita punya," ujar Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Suharini Eliawati saat dihubungi pada Selasa (23/7).

1. Lidah Mertua bukan satu-satunya tanaman yang akan dibagikan

Kurangi Polusi Jakarta, Lidah Mertua akan Dibagikan Cuma-CumaInstagram.com/@metimefactory

Tak hanya tanaman lidah mertua, Dinas KPKP juga menyiapkan segala jenis tanaman yang bisa didapatkan warga secara cuma-cuma. Namun, dia belum memastikan kapan dan di mana pembagian tanaman itu dilakukan.

"Iya. Jadi salah satunya lidah mertua, tanaman-tanaman toga, alpukat, belimbing, pucuk merah juga ada. Iya. Jadi ini memang program kami. Tapi kita mulainya nanti bulan Agustus," ujarnya.

Baca Juga: Anies Tak akan Berhenti di Lidah Mertua untuk Tangani Polusi Udara

2. Lidah mertua dinilai efektif atasi polusi udara

Kurangi Polusi Jakarta, Lidah Mertua akan Dibagikan Cuma-CumaInstagram.com/@metimefactory

Suharini meyakini penggunaan tanaman Lidah Mertua efektif mengatasi polusi udara karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa tingkat polusi udara akan berkurang dengan puluhan tanaman Lidah Mertua.

"Iya, cuma yang sudah ada penelitiannya, lidah mertua itu lebih efektif. Tapi, masih bisa diyakini semua tanaman itu menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida," jelasnya.

3. Anies tak berhenti di lidah mertua

Kurangi Polusi Jakarta, Lidah Mertua akan Dibagikan Cuma-CumaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa penggunaan tanaman Lidah Mertua bukan lah satu-satunya langkah Pemprov mengatasi polusi. Menurutnya hal tersebut hanya salah satu dari sekian rencana Pemprov DKI.

"Apakah ini satu-satunya? Tentu tidak. Jadi itu bagian dari usaha kita. Semua yang bisa kita kerjakan InsyaAllah kita kerjakan," ujar Anies selepas rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (22/7).

Baca Juga: Polusi Udara Bunuh Lebih Banyak Orang daripada Rokok, Gimana Jakarta?

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya