Lebak Bulus-Bundaran HI Hanya 30 Menit dengan MRT. Kok Bisa?

Dalam uji coba, perjalanan MRT memakan waktu 1 jam karena...

Jakarta, IDN Times - Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta rute Depo Lebak Bulus-Bundaran HI telah diuji coba, Kamis pagi (23/8). Perjalanan uji coba tersebut ternyata memakan waktu tempuh selama satu jam. 

Hadir dalam uji coba kesesuaian itu, antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar, beserta jajaran petinggi MRT dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia.

Rombongan berangkat dari Depo MRT Lebak Bulus pada pukul 09.00 WIB dan sampai di Stasiun MRT Bundaran HI pada pukul 10.00 WIB. Tapi, kata William, waktu tempuh MRT akan berkurang ketika sudah beroperasi. 

 

Kecepatan MRT naik hampir satu kali lipat saat sudah beroperasi

Lebak Bulus-Bundaran HI Hanya 30 Menit dengan MRT. Kok Bisa?IDN Times/Gregorius Aryodamar P

William mengungkap, waktu tempuh akan terpangkas hingga 50 persen saat MRT benar-benar beroperasi. Dalam uji coba hari ini, kata dia, kecepatan MRT dibuat tidak maksimal. 

“Tadi diuji masih 30 km/jam dan di dalam tunnel 25 km/jam dengan waktu tempuh satu jam. Saat sudah beroperasi komersial masa tempuh Lebak Bulus-HI akan memakan waktu 30 menit dengan kecepatan rata-ratanya 40-50 km/jam,” jelas William di Stasiun MRT Bundaran HI.

2. Sebanyak 96 gerbong diprediksi akan menampung 173 ribu penumpang tiap hari

Lebak Bulus-Bundaran HI Hanya 30 Menit dengan MRT. Kok Bisa?(Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan) IDN Times/Fitang Budi Aditia

Nantinya, ada 16 rangkaian kereta untuk pengoperasian MRT fase satu. Sedangkan, jumlah total gerbong ada 96 unit.  

“Perkiraan akan bisa angkut 173 ribu penumpang tiap hari,” tambah Anies.

 

Baca Juga: FOTO: Keadaan Terkini Stasiun MRT Bundaran HI  

3. MRT fase 1 beroperasi Maret 2019

Lebak Bulus-Bundaran HI Hanya 30 Menit dengan MRT. Kok Bisa?IDN Times/Afriani Susanti

Lelaki berusia 49 tahun itu yakin pengerjaan MRT fase satu ini akan selesai tepat waktu. Aniespun meminta dukungan warga Jakarta terhadap MRT yang masih dalam proses pembangunan ini. “Insya Allah Maret 2019 MRT ini bisa beroperasi,” ucap Anies penuh harap.

Baca Juga: Anies: Naik MRT Tidak Ada Guncangan, Beda dengan Kereta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya