Lebaran Perdana Keluarga Yudhoyono Tanpa Bu Ani yang Terasa Berbeda

Pak SBY sakit dan tak ada open house di Cikeas

Jakarta, IDN Times - Pada Lebaran 2019, ada suasana berbeda bagi Presiden Ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga besarnya. Semua itu karena ketidakhadiran Ani Yudhoyono pada hari kemenangan.

Lebaran kali ini, bertepatan dengan empat harinya kepergian Ibu Ani yang wafat pada Sabtu (1/6) di Singapura setelah berjuang melawan kanker darah sejak 3 bulan terakhir. Jenazahnya dimakamkan di TMP Kalibata pada hari Minggu (2/6).

"Ini adalah Idulfitri pertama keluarga Yudhoyono tidak lengkap dan kami tadi sudah kirim doa untuk Ibu Ani," kata putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Puri Cikeas, Bogor, Rabu (5/6).

Baca Juga: Prabowo Singgung Pilihan Politik Ani Yudhoyono, Gerindra Minta Maaf

1. Keluarga Yudhoyono masih perlu menata hati

Lebaran Perdana Keluarga Yudhoyono Tanpa Bu Ani yang Terasa Berbedainstagram.com/annisayudhoyono

AHY mengatakan bahwa keluarganya masih perlu menata hati. Ia berharap bisa melalui pemulihan dengan baik sehingga bisa tegar menatap masa depan.

AHY lantas mengingat pesan mendiang ibundanya agar tegar menjalani semua tantangan dan ujian hidup.

"Ibu Ani almarhumah juga senantiasa berpesan: melalui semua tantangan, ujian, cobaan dengan tegar, dengan baik dan InsyaAllah semua itu ada hikmah dan berkahnya untuk kami," tutur dia.

2. SBY sedang sakit

Lebaran Perdana Keluarga Yudhoyono Tanpa Bu Ani yang Terasa BerbedaIDN Times/Gregorius Aryodamar

Tak hanya Ibu Ani, SBY bahkan tak bisa ikut keluarga menunaikan salat Id seperti tahun lalu karena kondisinya kurang sehat. Padahal, dia sudah bersiap menuju lokasi. Istri Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Aliya Rajasa, juga tak hadir.

"Pak SBY sebetulnya tadi sudah siap, tetapi dari tim dokter menyarankan sekali karena kelelahan dan kurang sehat, Pak SBY diminta untuk istirahat di kediaman. Untungnya tidak mengurangi rasa syukur beliau, beliau sudah melalui masa-masa sulit ini beliau tetap sehat," kata dia.

3. Sejumlah tradisi lebaran keluarga Yudhoyono tak terlaksana

Lebaran Perdana Keluarga Yudhoyono Tanpa Bu Ani yang Terasa Berbedainstgaram.com/aniyudhoyono

Bukan semata anggota keluarga yang pergi, melainkan keluarga SBY juga tak melakukan sejumlah tradisi saat Lebaran. Salah satu yang tak dilakukan adalah menyantap makanan kesukaan keluarga besar usai salat Id, yakni ketupat dan opor.

"Saya ingat sekali bersama keluarga setelah salat Id, makan ketupat bersama-sama, makan opor, masakan kesukaan kami. Lalu, ada tradisi sungkeman. Kami bergantian kepada bapak, ibu, dan anggota keluarga," kata AHY.

4. Keluarga SBY tak selenggarakan open house

Lebaran Perdana Keluarga Yudhoyono Tanpa Bu Ani yang Terasa BerbedaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Karena masih berduka atas kepergian Ibu Ani, Keluarga SBY juga tak melakukan acara sambang griya (open house) seperti tahun sebelumnya.

Sebagai gantinya, mereka akan berziarah ke makam Ibu Ani di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

"Kami tidak ada open house karena kami sekeluarga masih dalam rasa duka yang dalam. Terima kasih atas segala doa dan niat silaturahmi kerabat. Kami ingin berziarah untuk memberikan doa kepada ibunda, almarhumah Ibu Ani Yudhoyono," ujar AHY seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Open House di Istana, Keluarga Jokowi Tidak Full Team

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya