Bahas Lockdown Virus Corona, Tito Karnavian Datangi Kantor Anies 

Menurut Tito, lockdown merupakan kewenangan pemerintah pusat

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mendatangi Balai Kota DKI Jakarta menemui Gubernur Anies Baswedan. Usai pertemuan, Tito mengatakan bahwa ia dan Anies berbicara soal penanganan virus corona termasuk karantina wilayah atau lockdown.

"Semula pak gubernur akan ke kantor Kemendagri tapi saya menyampaikan, saya yang ingin datang ke balai kota. Selama ini komunikasi sudah banyak kita lakukan terutama dalam menghadapi isu COVID-19 ini," ujar Tito, Selasa (17/3).

1. Tito apresiasi Anies sudah lakukan sejumlah langka untuk penanganan virus corona

Bahas Lockdown Virus Corona, Tito Karnavian Datangi Kantor Anies (Dok. Humas Kemendagri)

Tito mengatakan dalam pertemuan tersebut Anies menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukannya untuk penanganan virus corona di Jakarta. Menurut Tito, Anies sudah melakukan banyak hal namun tak disampaikan ke publik karena khawatir menimbulkan kepanikan publik.

"Kita menyampaikan penghargaaan kepada bapak gubernur atas langkah-langkah tersebut, dimana titik sentral isu, meskipun sekali tingkat kematian covid19 ini relatif rendah, dan banyak case menunjukkan bahwa banyak yg sembuh dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh memang kuat," jelas Tito.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Anies Imbau Pekerja di Jakarta Kerja dari Rumah

2. Tito jelaskan ke Anies soal lockdown

Bahas Lockdown Virus Corona, Tito Karnavian Datangi Kantor Anies (Dok. Humas Kemendagri)

Selain mendengarkan apa yang sudah dilakukan Anies, Tito juga menyampaikan soal karantina wilayah imbas merebaknya virus corona di Indonesia khusus Jakarta. Eks Kapolri itu mengatakan sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 karantina wilayah merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Ada sejumlah faktor yang dilihat dalam melakukan karantina wilayah. Faktor-faktor tersebut antara lain ekonomi moneter dan fiskal.

"Oleh karena itu, bapak presiden sudah menyampaikan untuk karantina kewilayahan, pembatasan kewilayahan, kepala-kepala daerah mengkonsultasikan dengan pemerintah pusat dan yang telah ditunjuk oleh beliau adalah kepala gugus tugas percepatan," jelas Tito.

3. Anies berikan sejumlah saran kepada Tito untuk disampaikan kepada gugus tugas

Bahas Lockdown Virus Corona, Tito Karnavian Datangi Kantor Anies (Dok. Humas Kemendagri)

Tito mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut Anies juga menyampaikan sejumlah saran kepadanya untuk dipertimbangkan pemerintah pusat dan daerah lainnya terkait penanganan virus corona. Sebab, Jakarta merupakan kota satelit yang banyak kedatangan warga dari provinsi-provinsi lain.

"Masukan-masukan dari pak gubernur nanti yang saya lihat cukup sistematis akan saya sampaikan kepada gugus tugas," jelasnya.

Baca Juga: Ada 14 Kasus Virus Corona di Jakarta, Anies: Ibu Kota Berisiko Tinggi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya