Comscore Tracker

LRT Jakarta akan Menjangkau Stadion BMW yang Jadi Markas Persija

Jakpro prioritaskan pembangunan LRT ke Stasion Persija

Jakarta, IDN Times - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) saat ini tengah melakukan kajian untuk membangun trase jalur kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta dari Wisma Atlet Kemayoran hingga Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau Stadion BMW yang nantinya digunakan Persija di Sunter, Jakarta Utara.

"Yang paling urgent kini untuk menghubungkan LRT Kelapa Gading ke Jakarta International Stadium," ujar Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto di Jakarta seperti dilansir Antara, Rabu (29/5).

1. Sedang mengurus perizinan ke Kementerian Perhubungan

LRT Jakarta akan Menjangkau Stadion BMW yang Jadi Markas PersijaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dwi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengurus perizinan ke Kementerian Perhubungan dan juga akan mengajukannya dalam Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Menurut Dwi, jika izin keluar dan mendapatkan persetujuan dalam APBD, Jakpro menargetkan LRT Jakarta dari Wisma Atlet ke Jakarta International Stadium dengan jarak 1,8 km tersebut rampung pada 2021.

Baca Juga: Jokowi Bahas Rencana Operasional LRT di Bogor

2. Pembangunan LRT ke Stadion BMW jadi prioritas Jakpro

LRT Jakarta akan Menjangkau Stadion BMW yang Jadi Markas PersijaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dwi mengatakan pembangunan LRT ke Jakarta International Stadium tersebut menjadi prioritas Jakpro, karena akan memudahkan akses masyarakat ke stadion yang bakal menjadi markas klub sepak bola Persija.

"Ini prioritas, jadi nanti penonton bola bisa diakomodasi LRT," ujarnya.

Baca Juga: Sudah Mei 2019, Kapan LRT Jakarta Beroperasi?

3. Rute tersebut akan terkoneksi dengan rute Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun

LRT Jakarta akan Menjangkau Stadion BMW yang Jadi Markas PersijaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Saat ditanyakan apakah trase jalur tersebut akan terkoneksi dengan rute Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun, pihak Jakpro memastikan akan terkoneksi.

"Karena sebelumnya perizinan rute Velodrome Rawamangun ke Wisma Atlet Kemayoran sudah ada makannya yang dikejar Kemayoran ke JIS sekarang," ucapnya.

Adapun pembangunan Jakarta International Stadium setelah kajian ini, akan mulai masuk tender pada bulan Juni. Diharapkan pada Agustus proses pembangunan stadium bertaraf international tersebut sudah bisa dimulai.

4. LRT Jakarta fase 1 ditargetkan beroperasi komersial Juni 2019

LRT Jakarta akan Menjangkau Stadion BMW yang Jadi Markas PersijaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

LRT Jakarta fase 1 relasi Velodrome Rawamangun-Kelapa Gading ditargetkan akan beroperasi secara komersial pada 22 Juni 2019.

LRT Jakarta direncanakan akan beroperasi pada 2018 lalu sebelum pergelaran Asian Games, namun karena berbagai kendala LRT Jakarta mengalami beberapa kali penundaan operasional hingga saat ini, padahal sertifikat teknis operasional dari Kementerian Perhubungan sudah dikantongi oleh PT LRT Jakarta (anak usaha PT Jakpro).

Baca Juga: LRT Jakarta Belum Bisa Beroperasi, Ini Penjelasan Anies Baswedan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You