LRT Jakarta Belum Meluncur, Ini Alasan Sandiaga Uno

Padahal LRT Jakarta akan digunakan selama Asian Games.

Jakarta, IDN Times - Asian Games 2018 tinggal menghitung hari, namun moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta masih belum siap digunakan. Padahal, LRT di Kota Palembang-- yang sama-sama menjadi tuan rumah Asian Games 2018-- sudah bisa digunakan.

LRT Jakarta akan digunakan dalam perhelatan Asian Games 2018. Penumpang LRT bisa langsung masuk ke dalam arena balap sepeda yang ada di Velodrome, dikarenakan stasiun LRT tersebut langsung terintegrasi dengan arena.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan, LRT bisa digunakan pada saat Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta. Namun, pihaknya masti perlu melakukan review demi keselamatan.

1. Konstruksi sudah siap 100 persen

LRT Jakarta Belum Meluncur, Ini Alasan Sandiaga UnoANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sandiaga mengungkapkan, saat ini konstruksi sudah siap 100 persen. Namun, pengoperasian LRT masih perlu menunggu uji statis dinamis dari Kementerian Perhubungan.

"Kami review dan besok kita rapikan. Konstruksinya sudah 100 persen," ungkap Sandiaga di Cakung, Jakarta Timur, Minggu (5/8).

2. Utamakan keselamatan

LRT Jakarta Belum Meluncur, Ini Alasan Sandiaga UnoIDN Times/Helmi Shemi

Menurut Sandiaga, aspek terpenting dari pembangunan LRT ini adalah keselamatan yang terjamin. Untuk itu dia memastikan akan mengutamakan keselamatan lebih dahulu.

"Kami utamakan keselamatan," katanya.

Baca Juga: Mural Anies Baswedan Terlihat Lebih Gemuk, Sandiaga: Sudah Turun 15 Kg

3. Ruas jalan di sekitar stasiun akan dirapikan

LRT Jakarta Belum Meluncur, Ini Alasan Sandiaga UnoIDN Times/Masdalena Napitupulu

Banyak warga yang mengeluhkan dampak pembangunan LRT yang merusak jalanan di sekitar lokasi pembangunan. Sandiaga menjelaskan, Pemprov DKI akan segera merapikan jalan yang terdampak di sekitar Depo LRT begitu selesai.

"Masyarakat meminta setelah selesai pembangunan, jalan yang terdampak pembangunan LRT dirapikan," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Relawan Berantem, PSI: Dipelintir Lawan Politik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya