Comscore Tracker

LRT Jakarta Resmi Berbayar Hari Ini, Jauh Dekat Rp5 ribu

Rutenya dari Velodrome sampai Kelapa Gading!

Jakarta, IDN Times - Lintas Rel Terpadu Jakarta akhirnya resmi beroperasi komersial, Minggu (1/12). Berdasarkan Peraturan Gubernur nomor 34 Tahun 2019, tarif LRT ditetapkan flat Rp5 ribu. Rencananya pimpinan dan direksi akan melepas keberangkatan kereta pertama di Stasiun LRT Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Dalam rangka menyambut operasi komersial, LRT Jakarta mengadakan kegiatan pelepasan kereta pertama secara sederhana di stasiun Pegangsaan Dua," ujar Humas LRT Jakarta, Santy Pradayini, Sabtu (30/11) malam.

1. LRT Jakarta fase pertama memiliki enam stasiun yang melintas sejauh 5,8 kilometer

LRT Jakarta Resmi Berbayar Hari Ini, Jauh Dekat Rp5 ribuIDN Times/Muhamad Iqbal

Kereta LRT Jakarta yang berangkat setiap harinya sejak pukul 05.00 WIB hanya akan menempuh jarak 5.8 Km dan melewati enam stasiun. Stasiun yang dilalui yakni Stasiun Velodrome, Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard Utara, dan Pegangsaan Dua.

Baca Juga: Terpanjang di Dunia, LRT Jabodebek Sudah Rampung 67,3 Persen

2. Pembayaran bisa menggunakan beragam uang elektronik

LRT Jakarta Resmi Berbayar Hari Ini, Jauh Dekat Rp5 ribuIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pembayaran tiket LRT Jakarta bisa menggunakan beragam uang elektronik yakni Jakcard (Bank DKI), Jak Lingko (Bank DKI atau BNI), E-money (Bank Mandiri), Flazz (BCA), Tap-cash (BNI), dan Brizzi (BRI).

3. LRT Jakarta terintegrasi dengan Transjakarta

LRT Jakarta Resmi Berbayar Hari Ini, Jauh Dekat Rp5 ribuIDN Times/Gregorius Aryodamar P

LRT Jakarta juga terintegrasi dengan Transjakarta. Di Stasiun Velodrome misalnya, pengguna LRT bisa langsung naik Transjakarta di halte Transjakarta Pemuda melalui skybridge sehingga tak perlu keluar stasiun. Nantinya pengguna akan dikenakan tarif sebesar Rp8.500 (Rp5 ribu untuk LRT dan Rp3.500 untuk Transjakarta).

Baca Juga: Mulai 1 Desember LRT Jakarta Tidak Gratis, Jauh Dekat Bayar Rp5 Ribu

Topic:

  • Gregorius Aryodamar P
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya