Lulung Beberkan Alasannya Hijrah ke PAN

"Saya harus punya pilihan," ujar Lulung.

Jakarta, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta telah melantik Ichwan Zayadi menjadi Wakil Ketua DPRD DKI melalui Rapat Paripurna DPRD, Selasa (27/11).

Anggota DPRD dari Fraksi PPP itu menggantikan posisi Abraham Lunggana yang akrab disapa Haji Lulung. Hal itu lantaran Lulung berpindah dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi Partai Amanat Nasional (PAN).

1. Lulung memilih PAN setelah bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh

Lulung Beberkan Alasannya Hijrah ke PANIDN Times/Gregorius Aryodamar

Setelah rapat paripurna berakhir, Lulung mengungkapkan alasan dirinya menyeberang ke PAN. Menurutnya, keputusan ini bermula ketika dirinya dipecat dari PPP sehari setelah memutuskan membelot dari pilihan partainya yang mendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Saya harus punya pilihan, saya harus hijrah. Ketika saya bersilaturahmi dengan para ulama dan tokoh masyarakat, pilihan saya jatuh pada PAN,” ujarnya di depan ruang paripurna DPRD DKI Jakarta.

2. Lulung merasa semua tugasnya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI telah tuntas

Lulung Beberkan Alasannya Hijrah ke PANIDN Times/Gregorius Aryodamar

Lulung memastikan sebelum meninggalkan jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta telah dituntaskan semua. Ia pun yakin tak meninggalkan utang pekerjaan.

“Jangankan kerjaan, semua perangkat yang digunakan ketika 23 September saya sudah menyerahkan semua. Jadi saya gak punya utang, Insyaallah saya berjalan dengan lapang,” ujarnya.

Baca Juga: Dipecat karena Tak Dukung Ahok, Lulung Melawan

3. Ichwan bersumpah menggantikan Lulung dengan baik

Lulung Beberkan Alasannya Hijrah ke PANANTARA FOTO/Reno Esnir

Dalam Rapat Paripurna yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB itu, Ichwan telah disumpah akan menjalankan tugas dengan baik dan adil serta memperjuangkan aspirasi masyarakat Jakarta.

"Bahwa saya dalam menjalani kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi kebaikan bangsa serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi, seseorang, atau golongan," ujar Ichwan di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI.

4. Ichwan bukan satu-satunya orang yang dilantik

Lulung Beberkan Alasannya Hijrah ke PANANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Selain Ichwan, empat anggota DPRD DKI juga dilantik disaat yang sama.  

Keempat orang tersebut adalah Suwaji Fahrur Rozi selaku anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PPP, Mujahid Samal dari Fraksi PPP, Rahmatia Ayu Puspasari dari Fraksi Hanura, dan Abdul Azis Muslim dari Fraksi NasDem.

5. Lulung berpesan pada Ichwan

Lulung Beberkan Alasannya Hijrah ke PANIDN Times/Helmi Shemi

Sebagai pendahulu, Lulung pun menyampaikan sejumlah pesan kepada penerusnya itu. Lulung berpesan agar penggantinya bisa bekerja sama dengan pemerintah

“Agar bisa melakukan percepatan pembangunan. Terpenting, harus bela umat dan rakyat,” ujarnya.

Baca Juga: JK Hingga Lulung Angkat Suara Soal Vonis Ahok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya