Lurah Jelambar Dijatuhi Sanksi Berat Terkait Honorer PPSU Masuk Got

Lurah Jelambar telah dibebastugaskan sementara

Jakarta, IDN Times - Inspektorat DKI Jakarta memeriksa Lurah Jelambar, Jakarta Barat, Agung Tri Atmojo beserta tujuh panitia seleksi PPSU terkait viralnya video tenaga honorer berendam di saluran air. Kepala Inspektorat DKI Jakarta Michael Rolando mengatakan mereka telah dibebastugaskan sementara.

"PNS diduga melakukan pelanggaran disiplin dan kemungkinan dikenakan sanksi hukuman berat dapat dibebastugaskan sementara dalam rangka pemeriksaan jatuhan hukuman," kata Michael di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/12).

1. Wali Kota Jakarta Barat diminta untuk periksa lurah

Lurah Jelambar Dijatuhi Sanksi Berat Terkait Honorer PPSU Masuk GotWali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Pembebasantugasan itu sesuai Pasal 27 Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Hukum Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Michael mengatakan penjatuhan hukuman bagi lurah akan diputuskan langsung oleh Camat Grogol Petamburan, Didit Sumaryanta.

"Kami akan merekomendasikan kepada Pak Wali Kota Jakarta Barat (Rustam Effendi) memerintahkan Pak Camat untuk melakukan pemeriksaan," katanya.

Baca Juga: Anies Copot Lurah Jelambar Terkait Viral Pegawai Honorer DKI Masuk Got

2. Pemeriksaan berlangsung empat hari

Lurah Jelambar Dijatuhi Sanksi Berat Terkait Honorer PPSU Masuk GotWali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi saat memberikan keterangan pers di Balai Kota (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengaku telah menyurati lurah dan camat di wilayah Jakarta Barat untuk melakukan seleksi sesuai ketentuan berlaku melalui WhatsApp. Ia pun menyayangkan tindakan panitia seleksi karena melampaui batas.

Pemeriksaan terhadap pihak yang terlibat akan diperiksa maksimal empat hari kerja.

"Nanti akan dilihat bentuk kesalahan seperti apa, sanksinya seperti apa. Itu akan dilakukan oleh camat yang bersangkutan," terang Rustam.

3. Video tenaga honorer masuk got viral di media sosial

Lurah Jelambar Dijatuhi Sanksi Berat Terkait Honorer PPSU Masuk GotTangkapan layar dari video yang memperlihatkan pegawai honorer di dalam got di Jelambar. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, video yang merekam aktivitas tenaga honorer masuk ke dalam got beredar viral di media sosial. Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, kondisi got berukuran sekitar 1,5 meter itu hitam pekat dan berbau tak sedap.

Dalam video tersebut terdapat pria dan wanita berjumlah sekitar 30 orang. Sekilas mereka terlihat tak ada masalah karena tertawa saat berada di dalam got.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Honorer PPSU Masuk Got Jelambar, Ketua DPRD DKI: Copot yang Terlibat!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya