Comscore Tracker

Mal di Jakarta Hingga Monas Bakal Gelap Malam Ini

Hari ini Earth Hour, yuk ramaikan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menginstruksikan agar seluruh mal, gedung pemerintahan, komersial, hingga hotel, melaksanakan pemadaman lampu serentak pada Sabtu (27/3/2021) dari pukul 20.30 hingga 21.30 WIB. Hal tersebut diperintahkan Anies melalui Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu. 

"Dalam rangka aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon sebagai salah satu upaya untuk mengatasi dampak perubahan iklim, Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Jakarta akan melakukan pemadaman lampu pada 27 Maret 2021," bunyi surat edaran itu.

Baca Juga: Diklaim Efektif, Anies Perpanjang PPKM Mikro di DKI hingga 5 April

1. Lampu di tujuh simbol Jakarta juga bakal dipadamkan

Mal di Jakarta Hingga Monas Bakal Gelap Malam IniMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain itu, lampu di tujuh simbol Jakarta juga bakal dipadamkan. Lampu-lampu yang dipadamkan antara lain berada di gedung Balai Kota, Monumen Nasional (Monas) dan air mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha dan air macurnya, Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan air mancurnya, Patung Pahlawan, serta Patung Jenderal Sudirman.

2. Pemadaman juga untuk hemat energi

Mal di Jakarta Hingga Monas Bakal Gelap Malam IniGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam surat edarannya, Anies menyebutkan pemadaman lampu ini dilakukan guna menghemat energi dan pengurangan emisi karbon sebagai salah satu upaya untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

"Surat edaran ini juga diberlakukan pada seluruh gedung-gedung pemerintah pusat atau kementerian dan lembaga," bunyi surat edaran itu.

"Edaran ini untuk menjadi perhatian agar dilaksanakan dengan sebaik-sebaiknya dan penuh tanggung jawab," lanjutnya.

3. Earth hour enggak cuma di Jakarta

Mal di Jakarta Hingga Monas Bakal Gelap Malam IniPixabay/WWFDeutschland

Tak hanya Jakarta, Earth hour juga dilakukan serentak di berbagai daerah. Mengutip ANTARA, Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang digawangi oleh WWF pada Sabtu terakhir Maret setiap tahunnya. Kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk pemadaman lampu selama satu jam sebagai usaha meningkatkan kesadaran akan perlunya langkah serius menghadapi perubahan iklim.

Baca Juga: Kampanyekan Earth Hour, Delipark Mall Pakai Obor untuk Penerangan

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya