Mardani PKS Disebut Gantikan Sandiaga, Ini Kata Anies Baswedan

Hingga kini pengunduran diri Sandiaga dari DKI belum resmi

Jakarta, IDN Times - Setelah Sandiaga Uno memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk bertarung di Pilpres 2019, hingga hari ini kursi tersebut belum terisi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mau buka suara mengenai kriteria ideal sebagai pendampingnya memimpin Jakarta.

Jadi, siapakah pengganti Sandiaga?

1. Sesuai undang-undang

Mardani PKS Disebut Gantikan Sandiaga, Ini Kata Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar

Selepas memberi arahan kepada pejabat eselon satu dan dua di Pemprov DKI Jakarta, Anies pun menjelaskan bagaimana kriteria pengganti Sandiaga yang ideal menurutnya.

“Kalau kriteria kami pakai undang-undang saja. Kami bekerja dengan undang-undang dan saya yakin semua partai, semua pihak ingin agar peraturan ditaati,” jelasnya di Balai kota DKI, Senin (13/8).

2. Mardani disebut-sebut sebagai pengganti Sandiaga

Mardani PKS Disebut Gantikan Sandiaga, Ini Kata Anies BaswedanTwitter/@MardaniAliSera

Setelah Sandiaga mundur, beredar kabar Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera digadang-gadang menjadi calon kuat pengganti Sandiaga. Anies pun tak menampik jika Mardani juga sesuai dengan kriterianya.

“Semua yang sesuai UUD pasti masuk (kriteria),” ungkap mantan menteri pendidikan itu.

Baca Juga: Jadi Cawapres Prabowo, Sandiaga Sudah Pamit ke Anies Baswedan

3. Sandiaga Uno belum resmi mundur

Mardani PKS Disebut Gantikan Sandiaga, Ini Kata Anies BaswedanSandiaga Uno cium mobil dinas Wakil Gubernur DKI (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sandiaga ternyata belum resmi mengundurkan diri dari jabatan wagub. Hal itu disebabkan karena adanya beberapa tahap prosedur yang harus dilalui.

“Harus ada rapat paripurna DPRD. Setelah ditetapkan, kemudian DPRD mengirim surat ke gubernur. Dari situ kemudian gubernur kirimkan ke presiden. Jadi sebelum ada ketetapan dari presiden, maka belum bisa ada proses," kata Anies.

Baca Juga: Ditinggal Sandiaga, Anies: Masih Sering Ngobrol Lewat WhatsApp, Kok!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya