Comscore Tracker

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan Datangi KPK, Ada Apa?

Tito akan menemui Ketua KPK Firli Bahuri

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dijadwalkan bakal mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (11/8/2022). Ia akan datang didampingi istri dan jajarannya di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"KPK akan kembali menggelar executive briefing bagi para penyelenggara negara di lingkungan Kemendagri, Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 09.00–12.00 WIB, bertempat di Gedung Merah Putih KPK," ujar Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati, dalam keterangannya.

Baca Juga: Tito Karnavian Ditunjuk Isi Kursi Menpan RB, Gerindra: Semoga Lancar

1. Tito akan didampingi wakil menteri dan jajarannya

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan Datangi KPK, Ada Apa?Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, mengunjungi Kabupaten Nabire, Papua Tengah, Senin (25/7/2022). (Dok. Puspen Kemendagri).

Ipi mengatakan, Tito akan datang bersama para jajarannya di Kemendagri. Mulai dari Wakil Menteri, John Wempi Wetipo; Sekretaris Jenderal, Suhajar Diantoro, hingga Inspektur Jenderal, Tomsi Tohir Balaw.

Selain itu, sejumlah jajaran eselon satu lainnya yang terdiri dari tujuh Direktur Jenderal dan dua Kepala Badan di lingkungan Kemendagri serta Rektor IPDN beserta pasangan masing-masing juga dijadwalkan hadir secara langsung.

"Pembekalan antikorupsi akan disampaikan langsung oleh Ketua KPK, Firli Bahuri bersama jajaran pada Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, ujar Ipi.

Baca Juga: Temui Mendagri Tito, Gubernur Lukas Dukung Pemekaran Papua 7 Provinsi

2. Tito dan jajarannya akan diberi pembekalan antikorupsi

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan Datangi KPK, Ada Apa?Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (dok. Puspen Kemendagri)

Ipi mengatakan, kehadiran Tito dan jajarannya ke KPK terkait dengan program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) yang diselenggarakan KPK. Ada dua kegiatan utama yang akan dilakukan Tito dan jajarannya di KPK dalam program tersebut.

"PAKU Integritas meliputi dua kegiatan utama, yaitu pembekalan antikorupsi bagi penyelenggara negara beserta pasangannya dan diklat pembangunan integritas bagi para penyelenggara negara," ujar Ipi.

Baca Juga: Buka ACWG G20, Ketua KPK Bicara Krisis Pandemik dan Integritas

3. Kementerian dan lembaga lain juga pernah datangi KPK

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan Datangi KPK, Ada Apa?Gedung KPK (IDN Times/Aryodamar)

Sebelum pertemuan dengan kementerian yang dipimpin mantan Kapolri ini, KPK juga pernah melakukan pembekalan serupa dengan kementerian dan lembaga lain. Beberapa di antaranya adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Investasi, Kementerian Sosial, hingga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga: KPK Punya Gedung Baru Hasil Rampasan Aset Koruptor Fuad Amin Imron

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya