Menyaksikan Pertama Kalinya Merah-Putih Berkibar di Pulau Reklamasi

Sayangnya, ada beberapa sikap PNS yang tak baik saat upacara

Jakarta, IDN Times - Jam di tangan saya baru menujukkan pukul 05.00 WIB, namun ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta sudah berkumpul di lingkungan Balai Kota. PNS yang berpakaian batik lengan panjang warna biru dipadukan bawahan hitam satu per satu menaiki 75 bus yang disediakan Pemprov DKI.

Sesuai dengan Instruksi Gubernur nomor 71 tahun 2019, para PNS itu akan melaksanakan upacara hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-74 di Pulau D Reklamasi atau Pantai Maju, Jakarta Utara untuk pertama kalinya.

Rombongan berangkat sekitar pukul 05:30 WIB. Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, petugas gabungan yang terdiri telah bersiaga di sekitar lokasi.

Untuk sampai lokasi upacara, para peserta harus memarkir kendaraannya dulu kemudian berjalan hampir 1 kilometer. Selama menuju lokasi, terdapat sejumlah stan penjual makanan dan minuman binaan Jakarta Utara.

Salah seorang penjual yang kami temui di lokasi bercerita bahwa ia rela tak tidur agar bisa berjualan di lokasi.

"Saya di sini dari jam 4 pagi. Habis katanya kalau telat gak bisa masuk," ujar seorang ibu yang mengaku dari Muara Karang, Jakarta Utara, Sabtu (17/8).

Selain itu, terdapat pula sejumlah galon air mineral dan gelas yang disediakan PT. Jakarta Propertindo di dekat lokasi upacara secara gratis. Semua orang pun diizinkan untuk minum baik menggunakan gelas maupun botolnya masing-masing.

Dengan masuknya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, selaku Inspektur Upacara ke lapangan upacara, maka upacara pengibaran bendera Merah-Putih pun dimulai.

Sayangnya, dari kejauhan nampak sejumlah PNS tak mengikuti upacara dengan baik dengan tak mengikuti barisan, duduk-duduk, dan bergerombol di belakang. Bahkan, semakin upacara mendekati akhir semakin banyak pula peserta upacara yang keluar barisan.

Di belakang lokasi upacara, terlihat langsung perairan Teluk Jakarta yang berbatasan dengan Pulau D. Di sana, beberapa kapal kayu nelayan sesekali mendekat ke Pulau Reklamasi. Melihat itu petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bertugas langsung mengusir para nelayan.

"Geser dulu, geser dulu. Nanti bapak mau ninjau ke sini," ujar seorang petugas.

Usai jadi Inspektur Upacara, Anies hanya sebentar melayani jurnalis yang telah menunggunya sejak Subuh karena buru-buru untuk kembali mengikuti upacara di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, yang dipimpin Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo.

Baca Juga: Ratusan PNS DKI Jakarta Duduk-Duduk saat Anies Baswedan Pimpin Upacara

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya