MRT Dibangun Saat Jokowi Gubernur, Beroperasi Saat Jadi Presiden

Rencana proyek pembangunan MRT sudah dikaji sejak 1985

Jakarta, IDN Times - Impian warga Jakarta untuk memiliki moda transportasi massal, Moda Raya Terpadu (MRT), akhirnya terealisasi. Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo akan meresmikan kereta MRT, Minggu (24/3). Peresmian tersebut dijadwalkan berlangsung di kawasan Bundaran HI mulai pukul 07.00 hingga 11.00 WIB.

Pembangunan MRT fase pertama rute Lebak Bulus hingga Bundaran HI pertama kali dimulai ketika Jokowi baru sekitar setahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Mulainya pembangunan MRT ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Jokowi pada 10 Oktober 2013. Sekitar lima tahun kemudian, Jokowi meresmikan MRT dengan status sebagai Presiden RI.

Rencana pembangunan MRT Jakarta sesungguhnya sudah digagas sejak lama. Dikutip dari situs PT MRT Jakarta di jakartamrt.co.id, pembangunan proyek ini sudah dikaji sejak 1985. Ada lebih dari 25 studi subjek umum dan khusus yang telah dilakukan terkait dengan kemungkinan sistem MRT di Jakarta. Namun, krisis ekonomi dan politik 1997-1999 ditengarai menjadi salah satu penghadang proyek MRT terealisasi saat itu.

Dalam peresmian yang akan digelar hari ini, sejumlah pihak yang akan hadir antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Direktur MRT William Sabandar, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, perwakilan Japan International Corporation Agency (JICA).

Selain itu, peresmian MRT juga akan dimeriahkan oleh penampilan figur publik tanah air yakni Barasuara, D'Masiv, Naff, dan akan dipandu oleh Kemal dan Ruth Permatasari (TJ).

Baca Juga: Diresmikan Jokowi Hari Ini, MRT Baru Bisa Layani Penumpang Jam 11

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya