Nadiem Beri Bantuan Kuota, DPRD DKI: Gak Ada Kata Terlambat

Nadiem anggaran Rp 9 triliun untuk pulsa dan kuota internet

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengapresiasi langkah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang akhirnya memberikan bantuan kuota internet kepada para pelajar dan guru.

"Tidak ada kata terlambat untuk berubah dan melakukan lompatan-lompatan kebaikan," jelas Zita, Jumat (28/8/2020).

1. Bantuan diharapkan segera terealisasi dan tepat sasaran

Nadiem Beri Bantuan Kuota, DPRD DKI: Gak Ada Kata TerlambatIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Zita berharap bantuan tersebut tepat sasaran dan segera terealisasi. Sebab, dalam surat Kemendikbud No. 8202 yang keluar tanggal 27 Agustus dijelaskan bahwa pengisian data terakhir hanya sampai 31 Agustus.

"Artinya, hanya ada waktu 3 hari untuk menginput data siswa. Dengan waktu yang singkat, jangan sampai ada siswa yang terlewatkan, terutama bagi sekolah yang berada di daerah terpencil," jelas Zita.

2. Pemerintah diharapkanberinovasi dalam dunia pendidikan

Nadiem Beri Bantuan Kuota, DPRD DKI: Gak Ada Kata TerlambatWakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengingatkan pentingnya infrastruktur digital. Selain itu, menurut Zita, saat ini juga penting melakukan inovasi dalam kurikulum.

"Kalau kita ibaratkan kendaraan, kuota itu baru bahan bakarnya saja, kendaraan itu guru/sekolahnya, dan jalanan kurikulumnya. Semua itu harus prima, kendaraan bagus, bahan bakar full, jalanannya top mulus, itu pasti cepat sampai  ke tujuan," jelasnya.

3. Nadiem anggarkan Rp9 triliun untuk bantuan pulsa dan kuota

Nadiem Beri Bantuan Kuota, DPRD DKI: Gak Ada Kata TerlambatMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI (Dok.IDN Times/BKHumas Kemendikbud)

Sebelumnya, Nadiem mengatakan akan memberikan subsidi kuota internet bagi siswa, guru, dosen, dan mahasiswa selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemik COVID-19 di tanah air.

Dalam paparannya, Nadiem menyebutkan dosen dan mahasiswa masing-masing akan menerima subsidi kuota internet sebesar 50GB per bulannya. Guru dan siswa juga mendapatkan subsidi dengan jumlah yang berbeda. Subsidi ini diberikan setelah Kemendikbud mendapat anggaran tambahan.

"Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa dan kuota bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama 3-4 bulan ke depan," ujar Nadiem Makarim dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI yang disiarkan melalui kanal YouTube DPR RI pada Kamis (27/8/2020).

Dalam paparanya, Nadiem menyebutkan ada anggaran tambahan yang diterima Kemendikbud yang jumlahnya hampir Rp9 triliun. Rp7,2 triliun akan digunakan untuk subsidi kuota internet bagi guru, siswa, dosen, dan mahasiswa.

Selain dosen dan mahasiswa yang masing-masing akan mendapat subisidi kuota 50GB/bulan mulai September hingga Desember 2020 mendatang, guru akan mendapatkan subsidi kuota sebesar 42 GB/bulannya, sedangkan siswa akan menerima 35GB/bulan.

Baca Juga: Dosen, Mahasiswa, Guru, dan Siswa Bakal Dapat Kuota Internet Gratis!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya