Napi Koruptor di LP Sukamiskin dan Tangerang Bakal Didatangi KPK

Napi koruptor akan dilibatkan dalam program antikorupsi

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan penyuluhan bagi narapidana korupsi di LP Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dan LP Tangerang selama dua hari. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah para narapidana kasus tindak pidana korupsi yang sedang melaksanakan proses asimilasi dan yang masa tahanannya akan segera berakhir.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah para narapidana kasus tindak pidana korupsi yang sedang melaksanakan proses asimilasi dan yang masa tahanannya akan segera berakhir," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK bidang Pencegahan, Ipi Maryati, Selasa (30/3/2021).

1. Napi diharapkan berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi sekembalinya ke masyarakat

Napi Koruptor di LP Sukamiskin dan Tangerang Bakal Didatangi KPKIlustrasi Koruptor. IDN Times/Mardya Shakti

Ipi menjelaskan, penyuluhan ini untuk membangun komunikasi dengan para narapidana kasus tindak pidana korupsi untuk tidak mengulangi perbuatannya. Selain itu, penyuluhan ini agar narapidana mau ikut serta berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi, sekembalinya ke masyarakat.

KPK menggunakan pendekatan ilmu psikologi untuk memetakan narapidana asimilasi ini. Caranya adalah dengan menggunakan metode komunikasi dua arah, mengenali kepribadian, analisis gesture, vibrasi suara, hingga goresan tulisan.

"Pemetaan ini diharapkan akan menghasilkan data narapidana yang siap untuk dilibatkan dalam program antikorupsi," kata Ipi.

Baca Juga: Lelang 3 Mobil Koruptor, KPK Sumbang Rp 2,351 Miliar Buat Negara

2. Seluruh masyarakat berperan serta memberantas korupsi

Napi Koruptor di LP Sukamiskin dan Tangerang Bakal Didatangi KPKIlustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Ipi mengatakan, penyuluhan ini dilakukan KPK sebagai salah satu bentuk pelibatan masyarakat dalam mencegah dan memberantas korupsi. Menurutnya, tidak ada kelompok masyarakat yang ditinggalkan dalam pemberantasan korupsi.

"Sebab, seluruh masyarakat berperan serta memberantas korupsi," jelasnya.

3. Ketua KPK Firli Bahuri akan kunjungi Lapas Sukamiskin

Napi Koruptor di LP Sukamiskin dan Tangerang Bakal Didatangi KPK(Ketua KPK Firli Bahuri) IDN Times/Santi Dewi

Rencananya KPK akan melakukan asimilasi selama dua hari di dua lapas berbeda. Pada hari pertama pada Rabu (31/3/2021) kegiatan asimilasi di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat bakal dihadiri oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Baca Juga: Komnas HAM: Hukuman Mati Buat Koruptor Bukan Solusi Berantas Korupsi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya