Comscore Tracker

New Normal, Anies Baswedan Minta Masker Jadi Seragam PNS DKI Jakarta

#NormalBaru dan #HidupBersamaCorona

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Jakarta akan segera memasuki tatanan kehidupan #normalbaru atau new normal. Menurut dia dalam kehidupan sehari-hari nanti warga harus menggunakan masker.

"Bahkan, Pak Gubernur meminta DKI Jakarta pegawainya menjadikan masker sebagai seragam," kata Riza, Minggu (31/5).

1. Pemprov DKI Jakarta siapkan aturan new normal

New Normal, Anies Baswedan Minta Masker Jadi Seragam PNS DKI JakartaHumas Pemprov DKI Jakarta

Riza memaparkan, di Jepang penggunaan masker hingga tidak bersentuhan sudah menjadi budaya sehari-hari. Ia pun mengingatkan masyarakat Indonesia agar taat peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), demi mencegah penyebaran virus corona.

"Prinsip nya harus ada tatanan baru," ucap dia.

Baca Juga: Pakar Epidemiologi UI: Depok Belum Siap Normal Baru, Perpanjang PSBB

2. Empat syarat yang harus dipenuhi sebelum menuju new normal versi Riza Patria

New Normal, Anies Baswedan Minta Masker Jadi Seragam PNS DKI JakartaIlustrasi (IDN Times/Uni Lubis)

Riza mengatakan, untuk transisi menuju ke era kenormalan baru, setidaknya ada empat syarat yang harus dipenuhi sebuah daerah. Syarat pertama, adalah tingkat penularan atau reproduksi virus corona berada di bawah satu. Menurut dia, saat ini Jakarta sudah berasa pada angka 0,98 dan diharapkan terus menurun.

Syarat kedua, adalah penurunan kurva pasien positif, pasien meninggal dunia, pasien dalam pengawasan (PDP), maupun orang dalam pemantauan (ODP). Ketiga, adalah dukungan sarana dan prasarana yang baik. Kedua hal tersebut sudah sudah cukup, berkat bantuan semua pihak, termasuk warga DKI Jakarta.

"Keempat persiapan SDM, dokter dan perawat. Setelah dicek, alhamdulillah siap. Dan tidak kalah penting kesiapan dari kita semua dari warga harus disiplin dan taat. Ini justru yang jadi kunci keberhasilan PSBB adalah ketaatan kedisiplinan," ujar Riza.

3. Pemprov DKI Jakarta segera evaluasi PSBB tahap ketiga

New Normal, Anies Baswedan Minta Masker Jadi Seragam PNS DKI JakartaIlustrasi PSBB. IDN Times/Mia Amalia

Riza mengatakan pihaknya akan segera mengevaluasi PSBB DKI Jakarta tahap ketiga, yang akan berakhir 4 Juni mendatang. Apabila memenuhi syarat, tentu Jakarta akan transisi menuju new normal.

"Prinsip nya harus ada tatanan baru. Kami siapkan regulasi, termasuk pengawasan titik cek point, insyaallah dalam beberapa hari ini nanti kita akan evaluasi, sehingga 5 (Mei) dimungkinkan pada masa kenormalan baru," ujar ketua DPP Partai Gerindra itu.

Baca Juga: Wagub DKI: Jika Kasus COVID-19 Meningkat, Terpaksa PSBB Diperpanjang

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya