Comscore Tracker

Ngotot Pilih Wagub di Tengah COVID-19, DPRD DKI: Kami Bukan Mau Pesta

Anies dianggap segera butuh wakil hadapi wabah virus corona

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengatakan saat ini sejumlah kepala daerah telah terjangkit virus corona atau COVID-19. Menurutnya bukan tidak mungkin virus itu bisa menular ke Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Menurut Zita pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta tetap dilaksanakan karena pemerintahan harus terus berjalan. Dia menilai di saat-saat seperti ini Anies membutuhkan wakil.

"Jadi kami bukan mau pesta, kondangan atau gelar konser. Ini gelar pemilihan untuk wakil pak Anies," kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut pada Kamis (26/3).

1. PAN mendukung pemilihan wagub DKI secepatnya

Ngotot Pilih Wagub di Tengah COVID-19, DPRD DKI: Kami Bukan Mau PestaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Zita mengatakan para anggota dewan dihadapkan pilihan sulit. Sebab anggota DPRD merupakan warga biasa yang berpotensi tertular virus corona namun harus menjalankan tugas yang diamanatkan undang-undang meski mengorbankan keselamatan. Ketua DPP PAN ini juga meyakini bahwa partainya kompak mendukung pelaksanaan pemilihan wagub secepatnya.

"Kalau memang pada akhirnya harus memilih, buat apa tunda-tunda," ujarnya.

Baca Juga: Pemilihan Wakil Gubernur DKI Pendamping Anies Dilaksanakan Jumat Ini

2. Mayoritas fraksi diklaim ingin pemilihan wagub secepatnya

Ngotot Pilih Wagub di Tengah COVID-19, DPRD DKI: Kami Bukan Mau PestaRapat paripurna DPRD DKI Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basri Baco menjelaskan bahwa mayoritas fraksi di Kebon Sirih ngotot menggelar pemilihan wakil gubernur meski dalam bayang-bayang virus corona.

Menurutnya di saat seperti ini Anies membutuhkan pendamping yang tempat sehingga bisa menghadapi masalah ibu kota bersama-sama.

"Jadi permintaan mayoritas fraksi minta ke pimpinan soal pemilihan, pimpinan menyampaikan ke panlih, dengan situasi seperti ini gubernur perlu pendamping," jelasnya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta itu mengatakan keputusan panitia pemilihan untuk melaksanakan pemilihan Wagub DKI Jakarta pada Jumat (27/3), setelah mendapat restu Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Meski tetap dilaksanakan, ada sejumlah protokol yang harus dilakukan panitia pemilihan demi mencegah penularan COVID-19.

"Yang pasti tidak lebih dari 200 orang," kata dia.

3. Seharusnya pemilihan wagub berlangsung Senin (23/3)

Ngotot Pilih Wagub di Tengah COVID-19, DPRD DKI: Kami Bukan Mau PestaDua Cawagub DKI Jakarta, Riza Patria dan Nurmasyah Lubis (Dok.IDN Times)

Seharusnya Nurmansjah Lubis dan Ahmad Riza Patria dipilih oleh 106 anggota dewan pada Senin (23/3). Namun, karena Jakarta tengah dilanda wabah virus corona Hal tersebut ditunda oleh Prasetyo Edi.

Nurmansjah Lubis merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang pernah menjadi anggota DPRD selama dua periode dari 2004-2014. Sedangkan Riza Patria adalah Ketua DPP Gerindra yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di MPR dan Wakil Ketua Komisi V DPR.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN : Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.

Baca Juga: COVID-19 Tak Ganggu Jadwal Pemilihan Wagub untuk Anies Baswedan

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya