Comscore Tracker

Novel Baswedan Cs Laporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli ke Dewas 

Ada bukti berupa foto dugaan pertemuan

Jakarta, IDN Times - Eks Penyidik Komisi Pemberantas Korupsi Novel Baswedan dan Rizka Anungnata melaporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar ke Dewan Pengawas. Laporan tersebut telah diajukan oleh Novel dan Rizka kepada Dewan Pengawas melalui surat resmi pada Kamis (21/10/2021).

Dalam surat laporan kepada Dewas, Lili diduga melanggar kode etik karena berkomunikasi dengan salah satu peserta Pilkada serentak 2020 Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara, Darno.

"Selanjutnya, kami mempercayakan pada Dewan Pengawas untuk proses-proses selanjutnya demi kepentingan, keberlangsungan, dan keberlanjutan KPK, integritas organisasi KPK, dan gerakan pemberantasan korupsi," tulis Novel dan Rizka dalam surat laporan tersebut.

1. Lili Pintauli diduga berkomunikasi dengan peserta Pilkada

Novel Baswedan Cs Laporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli ke Dewas Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar (Dok. Humas KPK)

Novel dan Rizka menjelaskan dugaan informasi komunikasi yang dilakukan Lili itu didapat dari penyidikan kasus suap eks Bupati Labuhanbatu Utara, Kharuddin Syah Sitorus. Mereka berdua merupakan penyidik yang menangani kasus Kharuddin saat itu.

Darno diduga berkomunikasi dan meminta Lili selaku Komisioner KPK untuk mempercepat eksekusi Kharuddin sebelum Pilkada serentak 2020. Sebab, anak Kharuddin yang bernama Hendri Yanto Sitorus juga tengah bertarung pada ajang yang sama.

"Dengan tujuan mejatuhkan suara dari anak tersangka Bupati Labura, Khairuddin Syah, yang saat itu juga menjadi salah satu kontestan Pilkada di mana fakta ini disampaikan tersangka Khairuddin pada pelapor saat itu," ujar Novel dan Rizka.

Baca Juga: Pimpinan KPK Dicecar Komnas HAM soal Isu Ada Taliban di KPK

2. Ada bukti foto-foto pertemuan Lili dan Darno

Novel Baswedan Cs Laporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli ke Dewas Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar (Dok. Humas KPK)

Novel dan Rizka juga mengungkapkan pernyataan tersebut telah dilengkapi bukti. Bukti itu diberikan oleh Khairuddin pada mereka.

"Khairuddin Syah juga menyampaikan kepada pelapor, memiliki bukti-bukti berupa foto-foto pertemuan antara terlapor dengan saudara Darno," ujar keduanya.

3. Lili Pintauli sudah tiga kali dilaporkan ke Dewas

Novel Baswedan Cs Laporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli ke Dewas Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (dok. Humas KPK)

Pelaporan kali ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Lili Pintauli selama dua tahun menjabat pimpinan KPK. Sebelumnya, Lili dilaporkan atas dugaan melakukan pembohongan publik dan berkomunikasi dengan pihak yang berperkara.

Baca Juga: Lili Pintauli Dilaporkan ke Dewas KPK Atas Dugaan Bohongi Publik

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya