Comscore Tracker

Novel Baswedan Cs Lepas Tanda Pengenal dan Resmi Tinggalkan KPK

Mereka dipecat Pimpinan KPK per 30 September 2021

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 57 pegawai nonaktif KPK keluar dari Gedung Merah Putih KPK di Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (30/9/2021). Berdasarkan Surat Keputusan pimpinan, mereka resmi dipecat dari lembaga antikorupsi itu per hari ini. 

Di luar KPK, mereka berkumpul untuk mengabadikan momen kebersamaan. Selain itu, para pegawai melepas tanda pengenal yang telah menggantung di leher mereka selama beberapa tahun terakhir.

1. Novel Baswedan Cs disambut eks pimpinan KPK

Novel Baswedan Cs Lepas Tanda Pengenal dan Resmi Tinggalkan KPKWakil Ketua KPK 2011-2015 Bambang Widjojanto menyambut Novel Baswedan di depan Gedung KPK bersama 57 Pegawai Nonaktif KPK pada Rabu (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Novel Baswedan dkk. kemudian melakukan long march dari Gedung Merah Putih ke C1 KPK. Berdasarkan penghitungan Google Maps, jarang kedua gedung pemberantasan korupsi ini terpaut sekitar 700 meter. 

Pantauan IDN Times di lokasi, para pegawai sempat disambut oleh perwakilan Koalisi Masyarakat Antikorupsi. Mereka memakai pita warna putih di lengannya. 

"Selamat datang kawan-kawan!" teriak perwakilan Koalisi pada Novel dkk. 

Dalam kerumunan tersebut, muncul Wakil Ketua KPK 2011-2015 Bambang Widjojanto (BW) dan Saut Situmorang. Mereka langsung bersalaman dengan Novel dan saling berpelukan. Kemudian, mereka berjalan bersama-sama menuju gedung C1 KPK.

Baca Juga: Polri Kaji Penempatan 56 Pegawai Dipecat KPK yang Direkrut Jadi ASN

2. Sejumlah tokoh hadir berorasi

Novel Baswedan Cs Lepas Tanda Pengenal dan Resmi Tinggalkan KPKNovel Baswedan (kiri), Yudi Purnomo (tengah), Usman Hamid (kanan) datangi Gedung KPK bersama 57 Pegawai Nonaktif KPK pada Rabu (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Sesampainya di depan gedung KPK C1, mereka silih berganti berorasi. Mereka yang berorasi antara lain BW, istri Novel Baswedan, Rina Emilda, hingga sejumlah pimpinan KPK lain sebelum era Firli Bahuri. 

Selain itu, ada pula Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati dan mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Keduanya juga turut berorasi secara bergantian.

3. Pimpinan KPK pecat Novel Baswedan dkk per hari ini

Novel Baswedan Cs Lepas Tanda Pengenal dan Resmi Tinggalkan KPK57 Pegawai nonaktif mendatangi KPK pada Kamis (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, Novel Baswedan bersama 56 pegawai lainnya dipecat pimpinan KPK per 30 September 2021. Mereka dinyatakan gagal tes wawasan kebangsaan sehingga tak bisa beralih status menjadi ASN KPK.

Baca Juga: Jokowi Didesak Bicara soal Rencana Kapolri Rekrut Novel Cs Jadi ASN 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya