Comscore Tracker

Oesman Sapta Odang dan Rombongan Partai Hanura Datangi KPK Hari Ini

Ada 54 pengurus partai yang akan dampingi OSO

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) dan 54 pengurus partai dijadwalkan bakal mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini. Mereka datang dalam rangka acara Politik Cerdas Berintegritas (PCB) yang diselenggarakan KPK.

"Bertempat di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, KPK akan diselenggarakan kegiatan pembekalan antikorupsi bagi pengurus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)," ujar Plt Juru Bicara KPK bidang Pencegahan, Ipi Maryati, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Hanura Jabar Usul Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024

1. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata akan jadi pemateri

Oesman Sapta Odang dan Rombongan Partai Hanura Datangi KPK Hari IniWakil Ketua KPK, Alexander Marwata (IDN Times/Aryodamar)

Ipi mengatakan bahwa Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dijadwalkan akan memberikan materi pembekalan bagi kader Partai Hanura dan pengurusnya. Materi yang diberikan antara lain mengenai integritas partai politik dana pembelajaran antikorupsi.

"Yang akan disampaikan oleh para pejabat di Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK," jelasnya.

Baca Juga: Cabut dari Hanura, Gede Pasek Pastikan Tak Ada Masalah dengan OSO

2. OSO disebut akan tandatangani deklarasi bersama integritas partai politik

Oesman Sapta Odang dan Rombongan Partai Hanura Datangi KPK Hari IniJumpa pers Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain itu, OSO akan menandatangani deklarasi bersama integritas partai politik. Deklarasi ini merupakan komitmen parpol untuk menginternalisasi dan membangun integritas internal parpol.

"Antara lain dalam hal menolak money politic, benturan kepentingan, suap, pemerasan, gratifikasi dan tindak pidana korupsi lainnya; kesediaan sebagai role model dalam pemberantasan tindak pidana korupsi; kesediaan untuk meningkatkan pengetahuan antikorupsi, pengembangan politik cerdas berintegritas melalui pembelajaran antikorupsi yang difasilitasi oleh Pusat Edukasi Antikorupsi KPK; dan terlibat secara aktif dalam gerakan antikorupsi di lingkungan partai politik," jelasnya.

Baca Juga: Wiranto Mundur dari Partai Hanura, Oesman Sapta: Gak Perlu Ditanggapi

3. Hanura jadi partai ketujuh yang mendatangi KPK

Oesman Sapta Odang dan Rombongan Partai Hanura Datangi KPK Hari IniGedung KPK (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, Hanura merupakan partai ketujuh yang telah mengikuti Politik Cerdas Berintegritas. Sebelumnya, KPK telah memberikan pembekalan antikorupsi kepada jajaran pimpinan dan pengurus dari 6 parpol, yaitu PAN, PBB, Demokrat, Gerindra, PDIP, dan Golkar.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya