PDIP Beri Sinyal Kuat Coret Anggaran Formula E Anies saat Bahas APBD

Jika kajian Formula E belum diterima DPRD, anggaran dicoret!

Jakarta, IDN Times - Fraksi PDI Perjuangan memberikan sinyal untuk mencoret anggaran terkait Formula E dalam pembahasan APBD DKI Jakarta. Namun, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono memastikan sinyal tersebut belum menjadi sikap resmi partainya.

"Sinyal belum resmi sikap fraksi, tapi itu sinyal alokasi untuk (anggaran) Formula E diperintahkan untuk dicoret. Diperintahkan seperti itu, ini sinyal kuat, sinyal kuat yang tentunya ada sinyal seperti itu di Paripurna interpelasi," jelas Gembong di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/9/2021).

1. Hanya ada satu komisi di DPRD yang tak bahas Formula E

PDIP Beri Sinyal Kuat Coret Anggaran Formula E Anies saat Bahas APBDKetua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono (Instagram.com/@gembongwarsono)

Gembong menjelaskan bahwa dari lima komisi yang ada di DPRD, hanya Komisi C yang tidak memuat anggaran terkait penyelenggaraan Formula E. Pencoretan itu tidak hanya berlaku pada pembahasan APBD Perubahan tapi juga maupun APBD penetapan.

"Jadi Pembiayaan Formula E itu tidak hanya kita lihat di Dispora dan PMD Jakpro. Karena di luar itu semua komisi dimasukkan. Komisi A misalkan, ada Satpol PP, Damkar di situ banyak. Tugas kita adalah menyisir itu ke depan agar tidak dilekatkan kegiatan atau biaya penyelenggaraan Formula E," ujarnya.

Baca Juga: Rapat Paripurna Interpelasi Formula E Anies di DPRD Kembali Tertunda

2. PDI Perjuangan minta kajian Formula E

PDIP Beri Sinyal Kuat Coret Anggaran Formula E Anies saat Bahas APBDDPRD DKI Jakarta (IDN Times/Aryodamar)

Wacana pencoretan ini pertama kali diutarakan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Manuara Siahaan. Manuara menyarankan agar anggaran terkait Formula E di masing-masing komisi dicoret apabila kajian Formula E belum diterima DPRD.

"Apabila perbaikan kajian itu belum kita verifikasi dan belum kita terima sebaik-baiknya dan tidak menunjukkan kelayakan secara ekonomi, finasial, dan secara teknis dan lingkungan, saya mengharapkan supaya dalam rapat-rapat pembahasan APBD nanti semua anggara yang dialokasikan untuk Formula E kita coret saja," ujarnya dalam Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta.

3. Anggaran Formula E bukan main-main

PDIP Beri Sinyal Kuat Coret Anggaran Formula E Anies saat Bahas APBDJakarta tidak masuk dalam jadwal Formula E 2022 (Instagram/@aniesbaswedan)

Menurutnya anggaran di APBD merupakan amanat yang bukan main-main. Sebab, menurutnya hal itu diamanatkan dalam laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan

"Maka supaya tak terjadi penikungan nanti di dalam pembahasan APBD, pintu masuk TAPD adalah di Rapim. Maka saya minta tolong pada para pimpinan supaya ini diwanti-wanti ketika usulan ini masuk di anggaran perubahan ataupun anggaran murni 2020," jelasnya.

Baca Juga: Gerindra: Paripurna Bahas Interpelasi ke Anies soal Formula E Ilegal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya