PDIP Buka Peluang Usung Putra Jokowi di Pilkada Solo

Kamu setuju gak putra Jokowi masuk politik?

Jakarta, IDN Times - Sejumlah nama yang digadang-gadang bakal menjadi calon wali kota Solo 2020 sudah mulai bermunculan.

Sejumlah nama yang mencuat ke permukaan adalah dua anak Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

Partai tempat Jokowi bernaung, PDI Perjuangan (PDIP) ikut buka suara terkait kabar peluang Gibran dan Kaesang maju jadi calon wali kota Solo. 

Baca Juga: 3 Srikandi Kabinet Kerja yang Harus Dipertahankan Jokowi

1. Semua punya peluang sama

PDIP Buka Peluang Usung Putra Jokowi di Pilkada SoloIDN Times/Daruwaskita

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partai berlogo banteng moncong putih itu tak menutup peluang, untuk mengusung siapa pun untuk menjadi calon wali kota Solo 2020, termasuk dua putra Presiden Jokowi, Gibran dan Kaesang.

"Kita serahkan pada kehendak rakyat. Yang jelas PDIP membuka mekanisme bagi putra-putri bangsa yang ingin berdedikasi, yang ingin menggunakan kekuasaan sebagai alat untuk menyejahterakan rakyat, kami membuka," kata Hasto, Minggu (27/7)

2. Ada sejumlah langkah yang harus dilalui untuk menjadi kader

PDIP Buka Peluang Usung Putra Jokowi di Pilkada SoloIDN Times/Gregorius Aryodamar

Hasto menjelaskan, ada sejumlah langkah yang harus diikuti calon kader PDIP seperti mengikuti sekolah partai, psikotes, dan dilatih menjadi kepala-kepala daerah yang baik.

"Kami belum memulai tahap penjaringan. Tapi kami terus mencermati hadirnya tokoh-tokoh yang memenangkan hati rakyat. Kami akan terus mencermati siapa yang disuarakan rakyat untuk menjadi pemimpinnya," kata dia.

3. PDIP siap berkoalisi dengan siapa saja

PDIP Buka Peluang Usung Putra Jokowi di Pilkada SoloANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dalam menghadapi Pilkada 2020, PDIP menyatakan siap bekerja sama dengan partai lain, yang tentu saja mengedepankan Koalisi Indonesia Kerja (KIK), meskipun di beberapa daerah, karena latar belakang sejarah dan politik, membuka juga kemungkinan bekerja sama dengan partai lain.

"Kami meyakini bahwa ke depan melalui langkah-langkah organisasi kepartaian, melalui kekuatan pengurus struktural partai, dan membangun kerja sama dengan baik dengan tokoh-tokoh masyarakat, PDI Perjuangan akan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," ujar Hasto.

Baca Juga: Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo, Begini Reaksi Gibran Rakabuming

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya