PDIP Tunggu Titah Megawati Soal Calon Presiden 2024

Ganjar, Risma, dan Puan disebut berpeluang jadi Capres 2024

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan partainya belum memutuskan siapa sosok yang akan diusung sebagai calon presiden 2024. Sebab, hal itu merupakan wewenang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Siapa yang akan menjadi capres dan cawapres nanti, demokrasi kami telah menetapkan Ibu Megawati yang akan mengambil keputusan," kata Hasto dalam keterangannya, Sabtu (10/4/2021).

1. PDIP bakal siapkan kadernya

PDIP Tunggu Titah Megawati Soal Calon Presiden 2024Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sembari menunggu keputusan Megawati, kata Hasto, pengurus pusat PDIP akan mempersiapkan hal-hal yang diperlukan bagi calon presiden. Hal yang disiapkan itu bertujuan agar tak ada masalah ideologi ke depannya.

"Agar Pancasila benar-benar sebagai way of life kita sebagai dasar dan tujuan bernegara. Karena itulah terkait dengan Pilpres, kami menyiapkan seluruh perangkat kepartaian terlebih dahulu dengan melakukan konsolidasi jauh lebih penting," kata Hasto.

Baca Juga: Masuk Daftar Capres Survei LSI, Apa Bisa Ahok Ikut Pilpres 2024? 

2. PDIP minta masyarakat menilai kadernya layak atau tidak jadi capres

PDIP Tunggu Titah Megawati Soal Calon Presiden 2024Instagram.com/@ganjar_pranowo

Saat disinggung awak media kembali soal peluang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diusung PDIP jadi capres 2024, Hasto mempersilakan rakyat menilainya sendiri. Menurut Hasto, rakyat bisa melihat sendiri mana pemimpin yang berani memikul tanggung jawab, ketegasan, prinsip, dan rekam jejak yang jelas. 

"Untuk itu, semuanya silakan bekerja dengan sebaik-baiknya di tengah rakyat. Karena pemimpin itu punya tanggung jawab juga untuk menjawab panggilan sejarah. Dan itulah nanti akan tiba saatnya siapa yang akan menjadi Capres dari PDI Perjuangan ke depan," tegas Hasto.

3. Ganjar, Ahok, Risma, dan Puan disebut sebagai kader PDIP yang berpeluang jadi capres 2024

PDIP Tunggu Titah Megawati Soal Calon Presiden 2024(Basuki Tjahaja "Ahok" Purnama dipakaikan jaket PDI Perjuangan) www.twitter.com/@imadya

Nama Ganjar Pranowo sering muncul dari survei calon presiden 2024 oleh berbagai lembaga. Selain Ganjar terdapat kader PDIP lain yang kerap muncul di survei seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama dan Ketua DPR Puan Maharani.

Bahkan, nama Ganjar, Ahok, dan Risma masuk dalam enam besar tokoh yang berpotensi menjadi Presiden 2024 berdasarkan Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) beberapa waktu lalu. Nama ketiganya bersanding dengan beberapa tokoh seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 

Baca Juga: Puan Masuk Bursa Capres 2024, PDIP: Biarkan Dinamika Politik Berjalan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya