Pegawai KPK Mulai Jalani Orientasi ASN Baru Hari Ini

Ada 1.271 pegawai jalani orientasi

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang telah berlatih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai menjalani orientasi pada Rabu (16/6/2021). Selain itu pegawai KPK juga akan diberi pembekalan untuk menjadi ASN.

"Program ini akan dimulai pada 16 Juni 2021 dengan kerja sama antara KPK dengan LAN RI," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara bidan Penindakan KPK, Ali Fikri, dalam keterangan tertulis.

1. Tujuan orientasi ASN

Pegawai KPK Mulai Jalani Orientasi ASN Baru Hari IniGedung Komisi Pemberantasan Korupsi (IDN Times/Aryodamar)

Ali menjelaskan ada tiga tujuan orientasi ASN ini dilakukan. Tujuannya agar Pegawai KPK memiliki pemahaman tentang kebijakan sistem pembangunan nasional, kebijakan pengelolaan organisasi pemerintah, serta kebijakan pengelolaan SDM aparatur.

"Tiga kompetensi tersebut diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas jabatan sesuai dengan jenjang jabatan ASN di lingkungan KPK," kata Ali.

Baca Juga: Tetap Lantik 1.271 Pegawai Jadi ASN, Pimpinan KPK Disebut Arogan

2. Sebelum orientasi, pegawai mendapat pembekalan

Pegawai KPK Mulai Jalani Orientasi ASN Baru Hari IniPegawai KPK berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK pada jam pulang kerja di Jakarta, Kamis (27/5/2021). Dalam hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi ASN, 75 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat dimana 51 yang memiliki nilai merah diberhentikan dan 24 lainnya dibina kembali wawasan kebangsaan dan bela negaranya (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sebelum melaksanakan orientasi, KPK juga telah melaksanakan pembekalan terlebih dahulu pada para pegawai. Pembekalan ini dilakukan pada Jumat, 11 Juni 2021.

"Pembekalan telah disampaikan oleh Dian Novianthi Direktur ACLC KPK dan Erna Irawati Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI," jelas Ali.

3. Sebanyak 1.271 pegawai KPK jadi ASN

Pegawai KPK Mulai Jalani Orientasi ASN Baru Hari IniIlustrasi KPK (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebanyak 1.271 pegawai KPK telah dilantik Ketua Firli Bahuri menjadi ASN pada 2 Juni 2021 yang bertepatan dengan hari lahir Pancasila. Mereka sudah lolos berbagai tahapan untuk peralihan status pegawai termasuk tes wawasan kebangsaan.

Sementara itu, terdapat 75 pegawai yang dinyatakan gagal tes wawasan kebangsaan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 51 di antaranya bahkan disebut mendapat rapor merah dan tak bisa dibina.

Baca Juga: Intip Daftar Kekayaan Ketua KPK Firli Bahuri yang Mencapai Rp19,5 M!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya