Comscore Tracker

Pembangunan Kampung Akuarium yang Pernah Digusur Ahok Telan Rp62 M!

Kampung Akuarium adalah janji politik Anies semasa kampanye

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta akhirnya meresmikan dimulainya pembangunan Kampung Susun Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (17/8/2020). Kampung tersebut pada 2016 digusur Pemprov DKI pada masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko, mengatakan bahwa untuk membangun kembali Kampung Susun Akuarium, DKI harus mengelontorkan anggaran sekitar Rp62 miliar.

"Dari segi pelaksanaan anggarannya ini tadi sudah saya sampaikan, ini adalah kewajiban dari pengembang sebagaimana diatur dalam Pergub 112 tahun 2019, anggarannya kurang lebih sekitar Rp62 miliar," ujar Sarjoko di lokasi, Senin (17/8/2020).

1. Pembangunan Kampung Susun Akuarium diharapkan selesai Desember 2021

Pembangunan Kampung Akuarium yang Pernah Digusur Ahok Telan Rp62 M!Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat Kapal Pinisi dari warga Kampung Akuarium (IDN Times/Aryodamar)

Sarjoko mengatakan, Kampung Susun Akuarium ini akan dibangun di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi. Nantinya kampung ini akan terdiri dari 5 blok dan 241 unit hunian tipe 36.

"Pembangunan kampung susun Akuarium direncanakan dapat diselesaikan pada Desember 2021 atau lebih cepat dari waktunya," ujar Sarjoko.

Baca Juga: Kampung Akuarium Resmi Dibangun Anies Lagi, Rampung Akhir 2021

2. Kampung Susun Akuarium diharapkan bisa jadi contoh

Pembangunan Kampung Akuarium yang Pernah Digusur Ahok Telan Rp62 M!Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (IDN Times/Aryodamar)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa dalam menyiapkan pembangunan kembali Kampung Susun Akuarium, Pemprov DKI Jakarta melibatkan empat komponen yakni masyarakat, ahli, fasilitator, dan pemerintah. Menurut Anies, aspirasi masyarakat dibahas bersama hingga muncul sebuah konsep Kampung Susun.

"Jadi kita berharap nantinya ini bisa menjadi contoh bagaimana kita melakukan penamaan kampung yang ada di Jakarta," jelasnya.

3. Anies apresiasi warga Kampung Akuarium yang tabah dan sabar

Pembangunan Kampung Akuarium yang Pernah Digusur Ahok Telan Rp62 M!Anies Baswedan dapat kenangan-kenangan karikatur dari warga kampung akuarium (IDN Times/Aryodamar)

Anies pun berterima kasih kepada warga Kampung Akuarium yang menurutnya sabar dan tabah menanti rumahnya yang telah digusur dibangun kembali. Ia pun berjanji agar pembangunan kampung tersebut tidak akan lama.

"Harapannya nanti warga bisa kembali tinggal di tempat yang permanen, berkehidupan sebagai warga Jakarta kayak warga-warga yang lain," jelasnya.

Baca Juga: Anies Bangun Kampung Akuarium yang Digusur Ahok September 2020

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya