Comscore Tracker

Pemprov DKI dan DPRD Sepakati Usul Anggaran APBD 2020 Rp87,9 Triliun

Pemprov DKI diminta langsung unggah anggaran ke situs APBD

Jakarta, IDN Times - Pimpinan DPRD DKI bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyepakati Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2020 sebesar Rp87,95 triliun.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh seluruh pimpinan DPRD yakni Prasetyo Edi Marsudi, Mohammad Taufik, Abdurrahman Suhaimi, Misan Samsuri, dan Zita Anjani.

1. KUA-PPAS telah disetujui Badan Musyawarah pada 27 November 2019

Pemprov DKI dan DPRD Sepakati Usul Anggaran APBD 2020 Rp87,9 TriliunRapat Paripurna DPRD DKI Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Prasetyo mengatakan DPRD telah melakukan pembahasan sesuai mekanisme ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku sesuai Pasal 16 ayat 6 PP RI tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tatib DPRD Provinsi atau Kabupaten dan Kota.

"Dalam aturannya menyebutkan bahwa KUA-PPAS yang telah mendapat persetujuan bersama di tanda tangan oleh kepala daerah dan pimpinan DPRD dalam rapat paripurna berdasarkan Rapat Bamus pada 27 November 2019," ujarnya.

Baca Juga: DPRD DKI Tetapkan KUA-PPAS DKI Tahun 2020 Sebesar Rp87,9 Triliun

2. Anies Baswedan bersyukur usul anggaran sudah disetujui

Pemprov DKI dan DPRD Sepakati Usul Anggaran APBD 2020 Rp87,9 TriliunIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara terpisah mengungkapkan rasa syukurnya karena eksekutif dan legislatif telah menyetujui usul anggaran KUA-PPAS Rp 87,95 triliun. Ia pun berharap APBD 2020 bisa segera diproses

"Ya Alhamdulillah dengan sudah adanya kesepakatan ini Insyaallah kita bisa lebih cepat memproses sehingga lebih cepat APBD-nya," jelasnya.

3. Pemprov DKI diminta mengunggah anggaran

Pemprov DKI dan DPRD Sepakati Usul Anggaran APBD 2020 Rp87,9 TriliunRapat Banggar DPRD DKI Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar Pranandito)

Usai KUA-PPAS disetujui, Pemprov DKI Jakarta diminta untuk mengunggah anggarannya ke apbd.jakarta.go.id agar semua pihak dapat melihatnya.

"Saya membahas anggaran ini transparan (sehingga) harus terbuka untuk umum," jelas Prasetyo.

Baca Juga: DPRD dan Pemprov Sepakat RAPBD DKI 2020 Diketok 11 Desember

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya