Comscore Tracker

Pemprov DKI Jakarta Belum Tahu Rizieq Shihab Tolak Tes Swab COVID-19

Rizieq Shihab disebut bakal swab test mandiri

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mengaku belum mengetahui detail kabar mengenai penolakan swab test alias tes usap COVID-19 oleh pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Hak itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti kepada wartawan di Balai Kota pada Senin (23/11/2020).

"Saya gak tahu konteksnya seperti apa pada saat beliau ditawari (swab test). Kami perlu dapat informasi yang lebih jelas sehingga bisa berkomentar karena saya belum tahu beritanya seperti apa," katanya.

1. Dinas Kesehatan masih lakukan pelacakan kontak

Pemprov DKI Jakarta Belum Tahu Rizieq Shihab Tolak Tes Swab COVID-19IDN Times/Axel Jo Harianja

Widyastuti mengklaim bahwa petugas kesehatan yang bekerja di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat sudah bekerja dengan baik dan bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait. Pelacakan kontak pun terus dilakukan dari pengembangan kasus posiif COVID-19 yang ditemukan.

"Jadi kita dalami siapa siapa yang berhubungan karena pada saat kami turun posisi orangnya sudah kembali ke tempat masing masing sehingga kita bergerak dari kasus positif lalu kita dalami siapa yang berbungan dalam masa inkubasi sekitar dua minggu terakhir kita lakukan testing," jelasnya.

Baca Juga: Sempat Sakit, Rizieq Shihab akan Jalani Tes Usap COVID-19 Mandiri

2. Rizieq Shihab akan lakukan swab test mandiri

Pemprov DKI Jakarta Belum Tahu Rizieq Shihab Tolak Tes Swab COVID-19Imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto sebelumnya mengatakan sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap COVID-19 pada Sabtu, 21 November 2020. Hal itu dilakukan setelah mendapat info Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar COVID-19.

Namun Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah beristirahat dan tidak menerima tamu, sehingga pihak kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah.

Heru memastikan Rizieq Shihab melakukan tes usap COVID-19 secara mandiri, tanpa fasilitas dari pemerintah. “Katanya mereka mau melaksanakan swab mandiri,” kata Heru dilansir dari ANTARA, Minggu (22/11/2020).

3. FPI sebut Rizieq Shihab dalam kondisi sehat

Pemprov DKI Jakarta Belum Tahu Rizieq Shihab Tolak Tes Swab COVID-19Imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Rizieq Shihab tak lagi terlihat di hadapan publik usai menikahkan putri kandungnya, Syarifah Najwa Shihab dengan Sayid Irfan Alaidrus pada Sabtu, 14 November 2020. Menurut pengacara FPI, Aziz Yanuar, kondisi Rizieq Shihab dan keluarga dalam keadaan sehat usai menyelenggarakan akad dan resepsi pernikahan putrinya tersebut.

“Enggak (sakit), dalam keadaan sehat semua kok,” kata Aziz saat dihubungi IDN Times, Rabu (18/11/2020).

Aziz menuturkan, pentolan Persaudaraan Alumni (PA) 212 itu belum beraktivitas kembali lantaran sedang istirahat di rumahnya, Petamburan, Jakarta Pusat. Kegiatan ceramah dan keagamaan lainnya pun akan dilakukan kembali oleh Rizieq setelah itu.

“Kelelahan mungkin ya, itu wajar. (Tapi) Alhamdulillah sehat,” ujarnya.

Saat ditanya apakah Rizieq dan keluarganya sudah menjalani tes swab COVID-19 usai menggelar acara tersebut, Aziz mengaku tidak tahu. “Saya tidak tahu karena ini urusan internal pribadi keluarga beliau,” tuturnya.

Baca Juga: Jadi Penghulu Pernikahan Anak Rizieq, Kepala KUA Tanah Abang Dicopot

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya