Comscore Tracker

Pemprov DKI Jakarta Tetap Bagikan Bansos hingga Desember 2020

Bansos belum diputuskan akan berupa uang tunai atau sembako

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah, memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan membagikan bantuan sosial untuk warga terdampak virus corona atau COVID-19 di ibu kota hingga Desember 2020.

Hal tersebut ia ungkapkan ketika ditemui wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (9/6).

"Sesuai arahan dari pimpinan bahwa DKI Jakarta juga tetap memberikan bansos sejalan dengan pemerintah pusat sampai bulan Desember. Tapi secara teknis kami akan komunikasikan dengan Kemensos agar betul-betul sejalan," ujarnya.

1. Pemprov DKI Jakarta belum putuskan beri uang tunai atau berupa sembako

Pemprov DKI Jakarta Tetap Bagikan Bansos hingga Desember 2020Bantuan untuk warga DKI Jakarta selama PSBB (Facebook/Pemprov DKI Jakarta)

Meski demikian, ia mengaku belum memutuskan apakah Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan uang tunai atau sembako seperti sebelumnya. Sebab, hal tersebut masih akan dibahas terlebih dahulu.

"Banpres (bantuan Presiden) kan Juli selesai, mungkin nanti berikutnya kami koordinasi lagi bantuan kami seperti apa. Karena dengan pembagian wilayah saat ini, DKI akan cover untuk Jakarta Timur dan Pulau Seribu, empat wilayah kota di-cover Banpres melalui Kemensos, berarti harus sama dong, jangan sampai tetanggaan malah beda," ujarnya.

Baca Juga: Keluarga Miskin Mengaku Bansos untuk Mereka Dipotong "Uang Rokok"

2. Dinas Sosial gerak cepat untuk perbaiki data penerima bansos

Pemprov DKI Jakarta Tetap Bagikan Bansos hingga Desember 2020IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam pembagian bantuan sosial, ketepatan data sering menjadi masalah. Untuk mencegah atau meminimalisir hal itu, Irmansyah mengaku akan bergerak cepat dan mengintensifkan komunikasi dengan pihak terkait Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik).

"Untuk tahap berikutnya data kita sudah lebih cepat berkoordinasi dengan Dukcapil karena data awal dari Diskominfo sudah ada. Berikutnya mungkin porsi Dinas Sosial terkait penyiapan datanya akan lebih besar sehingga lebih cepat. Tapi keseluruhan data ini akan disampaikan ke Kemkominfo untuk disimpan datanya," ujarnya.

3. Pemprov DKI Jakarta akan bahas bansos untuk masyarakat

Pemprov DKI Jakarta Tetap Bagikan Bansos hingga Desember 2020Bantuan untuk warga DKI Jakarta selama PSBB (Facebook/Pemprov DKI Jakarta)

Irmansyah mengungkapkan, bahwa masyarakat Jakarta akan menerima bantuan pemerintah 6 kali. Setelahnya, Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah pusat akan membahas mekanismenya.

"Apakah tahapan dilakukan per bulan atau seperti apa, nanti kita bahas lebih jauh lagi dengan Kemensos," ujarnya.

Baca Juga: Kaya Raya, Nama Neymar Justru Masuk Daftar Penerima Bansos di Brasil!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya