Pemprov DKI Klaim Stok Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020 stabil

Stok cabai dan beras menjadi perhatian

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim harga bahan pangan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020 stabil. Sebab, tidak ada lonjakan harga karena stok bahan pangan mencukupi. 

"Kebutuhan pokok untuk kepentingan Natal dan Tahun Baru kita sudah siapkan stok ya, sudah aman dan kita akan kendalikan harganya untuk semua kebutuhan bahan pokok," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Rabu (27/11).

1. Cabai dan beras jadi perhatian

Pemprov DKI Klaim Stok Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020 stabilANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Saefullah menjelaskan ada dua stok bahan pangan yang menjadi perhatian karena masalah perubahan iklim di Indonesia. Dua stok itu adalah beras dan cabai. 

"Mengingat ini dari hulunya kemarau cukup panjang ini jadi di sentra-sentra pertanian kita agak terganggu. Cabai dan beras termasuk yang mendapat garis bawah karena pengaruh iklim," jelasnya.

Baca Juga: Kemarau Panjang, Mentan Tetap Optimis Pasokan Pangan Aman

2. Pemprov DKI Jakarta sudah antisipasi stok cabai dan beras

Pemprov DKI Klaim Stok Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020 stabilIDN Times/Daruwaskita

Mengantisipasi itu, Pemprov DKI sudah mengantisipasi dengan cara membeli kedua stok cabai dan beras di daerah.

"Jadi kesimpulannya seluruh kebutuhan pokok untuk kepentingan natal dan tahun baru kita sudah siapkan stok dan sudah aman," ujar Saefullah.

3. Anies sarankan masyarakat unduh aplikasi pemantau harga

Pemprov DKI Klaim Stok Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020 stabilIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Senada dengan Saefullah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan stok pangan jelang natal dan tahun baru 2020 aman. Ia pun menganjurkan masyarakat untuk mengunduh aplikasi Info Pangan Jakarta (IPJ) yang bisa memantau harga pangan di Ibu Kota secara real time.

"Dengan info itu kita akan tahu langsung untuk mengecek harganya, ini salah satu hal yang Saya kerjakan rutin (mengecek IPJ)," jelasnya.

Baca Juga: Dirut Bulog Pastikan Natal dan Tahun Baru Stok Beras Aman

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya