Penghuni Rumah DP 0 Rupiah Disuguhi Pemandangan TPU Pondok Kelapa

Jarak rumah ke TPU Pondok Kelapa hanya sekitar 400 meter

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Senin lalu mengungkapkan progres pembangunan rumah DP 0 rupiah di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur telah mencapai 97 persen. Anies meyakini pada Agustus 2019 rumah vertikal itu sudah bisa diresmikan.

Untuk mengetahui fakta di lapangan, IDN Times langsung menuju lokasi. Di sana kami diajak seorang Site Manager proyek yang mengaku bernama Tia Setiawan berkeliling lokasi proyek hingga masuk ke beberapa contoh kamar yang telah diisi perabotan.

Karena kesempatan ini pula, kami menyadari bahwa sebagian penghuni rumah susun ini akan menikmati pemandangan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa dari jendelanya.

1. Ada 780 unit dalam satu menara

Penghuni Rumah DP 0 Rupiah Disuguhi Pemandangan TPU Pondok KelapaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk melihat contoh unit yang sudah jadi, kami harus turun ke semi basement lalu naik tangga lagi dan naik lift untuk barang ke lantai delapan. Di sana kami ditunjukkan tiga unit contoh bertipe dua kamar tidur, satu kamar tidur, dan studio.

Saya selalu perhatikan setiap sudut unit yang ditunjukkan pada kami. Ketika melihat pemandangan di luar jendela, saya menyadari pemandangan TPU Pondok Kelapa yang terpampang jelas. Memang, jarak kedua tempat tersebut hanya terpaut sekitar 400 meter.

Ada 780 unit yang terbagi dalam 21 lantai Klapa Village menara A yang terbagi masing-masing lantai 39 unit.

Di sana juga masih banyak pekerja konstruksi yang sedang melakukan pengerjaan tahap akhir di sejumlah sudut bangunan.

2. Tiga menara lainnya di Klapa Village berkelas premium

Penghuni Rumah DP 0 Rupiah Disuguhi Pemandangan TPU Pondok KelapaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Setelah puas berkeliling, kami berkesempatan untuk naik ke atap gedung, tempat air PAM ditampung. Di sana kami bisa melihat sejumlah pemandangan antara lain Tol Becakayu, kantor Wali Kota Bekasi, serta kotornya langit Jakarta.

Tinggi bangunan Klapa Village menara A tempat kami berdiri mencapai 55 meter di atas permukaan laut. Di depannya tampak pekerja konstruksi mulai membangun Klapa Village menara B, C, dan D.

Bedanya, ketiga menara tersebut tak memakai skema DP 0 rupiah sehingga masyarakat umum bisa memilikinya. Ada sejumlah fasilitas pembeda antara menara A dengan menara lainnya. 

"Fasilitas di sini (menara A) ada TK, Musala, Balai Warga, dan ruang terbuka," jelas Tia.

Baca Juga: Anies Baswedan Pastikan Rumah DP 0 Persen Tuntas Agustus 2019

3. Diklaim siap grand launching 15 Agustus

Penghuni Rumah DP 0 Rupiah Disuguhi Pemandangan TPU Pondok KelapaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kepada kami, Tia mengungkapkan para pekerja konstruksi dikejar target selesai pada Agustus 2019 mendatang. Sebab, Anies telah mengumumkan bahwa Rumah DP 0 rupiah Klapa Village bisa akad pada Agustus 2019.

"Grand launching tanggal 15 (Agustus), sudah dikunci, jadi harus cepat selesai. Semoga bisa," ucapnya.

4. Klapa Village dilalui TransJakarta

Penghuni Rumah DP 0 Rupiah Disuguhi Pemandangan TPU Pondok KelapaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Saat akan pulang, kami melihat sebuah bus TransJakarta menunggu penumpang di parkiran kantor pemasaran. Memang, sudah beberapa minggu terakhir ada rute baru TransJakarta yang menjangkau Klapa Village.

Direktur utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan saat rute dengan kode 7P ini akan memudahkan masyarakat yang akan tinggal di hunian dalam program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini adalah rute perdana yang melayani hunian DP 0 Rupiah," kata Agung.

menurut Agung, rute ini adalah layanan pertama Transjakarta ke Pondok kelapa dan kawasan Kalimalang Raya. 

"Rute 7P juga terintegrasi dengan Koridor 7 (Kampung Rambutan – Kampung Melayu), Koridor 10 (PGC – Tanjung Priok) dan layanan Jak 2 (Kampung Melayu - Duren Sawit) ," tambahnya.

Adapun layanan Pondok Kelapa-BKN melintas di sejumlah titik, yakni Halte TJ BKN – Halte TJ Cawang Sutoyo – Pasar Ciplak – Jl.Panca Warga IV – Jl.Kesadaran Kalimalang – Masjid Jami Assyakirin – Mall Cipinang Indah I – Universitas Borobudur 1 – Universitas Borobudur 3 – Taman Pangkalan Jati Kalimalang – Pangkalan Jati 1 – Kav Agraria Duren Sawit – Komplek Dolog Jaya – SMK Swadaya Global School – Pondok Kelapa Indah – Curug Kalimalang – Kav Marinir Kalimalang – Billy Moon – Pondok Kelapa Raya Kalimalang – Sbr. PPKD Jakarta Timur – Jl.Swakarsa III Pondok Kelapa – Sbr Komplek DDN Bintara Jaya – Sbr. SDN Pondok Kelapa 05 – SMPN 252 – Klapa Village Pondok Kelapa.

Baca Juga: FOTO: Masih Ingat Rumah DP 0 Rupiah? Begini Keadaannya Sekarang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya