Perempuan yang Haid Wajib Beritahu Ranger Sebelum Lihat Komodo

Penciuman komodo sangat tajam

Labuan Bajo, IDN Times - Perempuan yang sedang mengalami "datang bulan" atau haid dipastikan tetap bisa datang ke kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melihat Komodo. Namun, perempuan yang sedang haid dianjurkan untuk melapor keadaannya pada ranger yang sedang bertugas.

"Kalau lagi berhalangan terus terang kepada ranger biar bisa diutamakan pengamanannya saat ketemu komodo," ujar seorang ranger bernama Abdurrahman saat ditemui IDN Times pada (9/10) lalu dalam rangkaian acara yang diselenggarakan Air Asia dan Kementerian Pariwisata.

Wah, kenapa begitu ya? 

1. Komodo akan mengicar perempuan yang sedang haid

Perempuan yang Haid Wajib Beritahu Ranger Sebelum Lihat KomodoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Rahman, penciuman Komodo pada perempuan yang sedang haid akan lebih besar ketimbang yang lainnya sehingga perlu penjagaan ekstra dari ranger. Ia pun meminta para wisatawan agar tak malu menceritakan kondisinya pada ranger yang bertugas.

"Kita apresiasi yang jujur karena memudahkan ranger bertugas," tutur dia. 

Baca Juga: Stop Isu Pulau Komodo Tutup, Turis dan Warga Labuan Bajo Tenang Saja!

2. Tak masalah apabila memiliki lu

Perempuan yang Haid Wajib Beritahu Ranger Sebelum Lihat KomodoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pria yang sudah belasan tahun menjadi ranger itu memastikan orang-orang yang punya luka di kulitnya tak berpengaruh pada komodo meski sama-sama mengeluarkan darah seperti haid.

"(Luka-luka) gak apa-apa, aman," katanya.

3. Kementerian Pariwisata dan Air Asia ajak jurnalis bermalam di Kapal Pinisi dan keliling Labuan Bajo

Perempuan yang Haid Wajib Beritahu Ranger Sebelum Lihat KomodoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pertemuan IDN Times dengan Rahman terjadi dalam salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan Air Asia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata yang mengajak jurnalis dari Indonesia, Malaysia, dan Australia serta sejumlah influencer Tanah Air ke Labuan Bajo.

Kami diajak tinggal di Kapal Pinisi selama tiga hari dua malam serta berkeliling ke sejumlah destinasi seperti Pulau Padar dan Rinca.

Adapun influencer yang diundang adalah Reza Chandika, Iyas Adam Lawrence, Harris Syn, Andre Wiredja, Dimas Danang Soeryonegoro, Ucita Pohan, Nicoline Patricia Malina, Paquita Genuschka, dan Galabby Thahira.

Baca Juga: Ironi Warga Pulau Komodo, Terancam Terusir dari Kampung Halaman

Topik:

Berita Terkini Lainnya