Comscore Tracker

Perluasan Ganjil-Genap Dinilai Tak Efektif Kurangi Polusi Udara

Orang-orang dinilai hanya akan berganti kendaraan

Jakarta, IDN Times - Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperluas wilayah ganjil-genap di 26 ruas jalan ibu kota dikritik oleh pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan.

Menurutnya perluasan itu tak akan berdampak besar pada kurangnya kemacetan dan membaiknya kualitas udara di Jakarta. Mengapa?

1. Pengendara hanya akan berganti kendaraan

Perluasan Ganjil-Genap Dinilai Tak Efektif Kurangi Polusi UdaraANTARA FOTO/Galih Pradipta

Perluasan Ganjil-Genap dinilai tak efektif karena menurutnya pengendara hanya akan beralih dari kendaraan yang tak kena ganjil-genap seperti motor atau membeli kendaraan baru.

"Kalau dipaksain ganjil-genap, orang sudah banyak yang bilang mau pakai mobil kok karena angkutan umumnya belum memadai," jelas Tigor ketika dihubungi IDN Times, Kamis (15/8).

2. Sudah seharusnya beralih ke Electronic Road Pricing (ERP)

Perluasan Ganjil-Genap Dinilai Tak Efektif Kurangi Polusi UdaraIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Tigor mengingatkan, kebijakan ganjil-genap genap dibuat gubernur sebelumnya untuk menggantikan sistem three in one yang sudah belasan tahun digunakan. Ia pun yakin nasib ganjil-genap tak akan jauh berbeda karena sistemnya masih manual.

"Lagi pula kebijakan ganjil-genap itu gak bisa jangka panjang. Manual gitu siapa yang tahan? Kalau mau jangka panjang ya elektronik," ungkapnya.

Baca Juga: Anies: Tujuan Utama Perluasan Ganjil-Genap Agar Udara Jakarta Bersih

3. Menurut Anies ganjil-genap punya banyak manfaat

Perluasan Ganjil-Genap Dinilai Tak Efektif Kurangi Polusi UdaraIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, Anies mengatakan kebijakan tujuan utama perluasan wilayah ganjil-genap di DKI Jakarta adalah untuk menciptakan lingkungan Jakarta yang sehat. 

Namun, hal itu bukan satu-satunya tujuan yang ingin dicapai Anies. Ganjil-genap itu juga bermanfaat pada sejumlah aspek lainnya.

"Tujuan utamanya adalah lingkungan yang sehat, udara yang bersih, dan lalu lintas yang lancar, itu satu paket. Anda mandi untuk segar atau bersih? Ya habis mandi merasakan segar dan bersih," ujar Anies di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Senin (12/8)

4. Ada sejumlah langkah jangka pendek dan panjang yang telah disiapkan

Perluasan Ganjil-Genap Dinilai Tak Efektif Kurangi Polusi UdaraIDN Times/Gregorius Aryodamar

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan sejumlah langkah jangka panjang dan pendek untuk tangani emisi dari kendaraan bermotor di Jakarta.

"Untuk jangka panjang ada kendaraan umum berbasis listrik, tapi itu kan memerlukan waktu. Untuk jangka pendek adalah pembatasan kendaraan bermotor. Konsekuensi pembatasan kendaraan bermotor itu maka kepadatan lalu lintas juga berkurang," ujarnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Pemprov DKI Memperluas Aturan Ganjil Genap 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya