Pilpres 2019 Bukan Cuma Perang Sindiran, Lho!

Para pasangan calon juga punya program

Artikel ini merupakan jawaban dari pertanyaan terpilih yang masuk ke fitur #MillennialsMemilih by IDN Times. Bagi pembaca yang punya pertanyaan seputar Pilpres 2019, bisa langsung tanyakan kepada redaksi IDN Times.

Jakarta, IDN Times - Saling sindir antara pasangan calon presiden dan wakil presiden 2018 memang terjadi beberapa hari terakhir. 

Sindiran dan kritikan mereka memenuhi media hingga media sosial. Sehingga terkesan pemilihan presiden dan wakil presiden hanya semata soal sindir menyindir. Padahal gak begitu, lho!

1. Sindiran kedua kubu

Pilpres 2019 Bukan Cuma Perang Sindiran, Lho!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Presiden Jokowi, misalnya, pernah melontarkan kata 'Sontoloyo' dan 'Genderuwo'. Istilah-istilah ini dilontarkan untuk mengkritisi politikus 'kubu sebelah'. 

Sementara dari kubu Prabowo - Sandiaga Uno kerap mengkritisi ekonomi pemerintah. Sandiaga, misalnya, menyebut makan sepiring nasi dan ayam di Singapura lebih murah dari di Jakarta. 

Sandiaga juga pernah mengatakan jika uang Rp100 ribu hanya bisa digunakan untuk membeli bawang dan cabai. 

Baca Juga: Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Pendidikan

2. Bukan semata sindiran

Pilpres 2019 Bukan Cuma Perang Sindiran, Lho!IDN Times/Gregorius Aryodamar

Meski media dan media massa dibanjiri sindiran dari kedua kubu, bukan berarti kedua kubu ini gak punya program, lho. Hanya saja, program-program mereka sepertinya tertutup oleh aksi saling sindir. 

Padahal, kubu Jokowi dan Prabowo punya program masing-masing. Program-program ini bahkan sudah ada penjabarannya. 

3. Program-program unggulan Jokowi - Ma-ruf Amin

Pilpres 2019 Bukan Cuma Perang Sindiran, Lho!ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Kubu Jokowi antara lain akan memprioritaskan program pendidikan. Juru Bicara Kubu Jokowi - Ma'ruf Amin, Irma Suryani Chaniago, mengatakan Presiden Jokowi akan fokus pada pendidikan jika terpilih pada 2019. 

"Tingkat pendidikan terendah yang ingin dicapai adalah SLTA," kata Irma Suryani. Selain itu Jokowi - Maruf juga akan melanjutkan Program Indonesia Pintar.

Kubu Jokowi - Ma'ruf Amin juga telah menyiapkan lapangan pekerjaan, caranya dengan melalukan revitalisasi balai latihan di seluruh Indonesia. 

4. Kubu Prabowo fokus gulirkan program ekonomi

Pilpres 2019 Bukan Cuma Perang Sindiran, Lho!instagram.com/prabowo

Sementara kubu Prabowo - Sandiaga Uno akan menggulirkan program ekonomi. Bahkan, kubu ini telah menyiapkan 36 program aksi. 

Program ini antara lain mengurangi ketergantungan impor, melakukan industrialisasi pertanian, menghentikan kebocoran anggaran negara, membenahi BUMN, serta mendirikan Bank Tani dan Nelayan. 

Baca Juga: CEK FAKTA: Pro-Kontra Ucapan Prabowo Soal Pemindahan Kedubes Australia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya