Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Usai Bentrokan Warga di Sorong

Polisi sudah identifikasi pelaku bentrok tapi belum ditahan

Jakarta, IDN Times - Polisi masih terus mengusut pertikaian dua kelompok warga di Sorong, Papua Barat.  Karo Penmas Mabes Polri Birgjen Ahmad Ramadhan mengatakan, pihaknya masih menelusuri sumber api yang menyebabkan kebakaran di tempat karaoke itu.

"Untuk sumber api yang menyebabkan kebakaran gedung tempat hiburan karaoke Double O, saat ini masih dilakukan pendalaman dan penyelidikan," ujarnya, Rabu (26/1/2022).

1. Polisi sudah identifikasi pelaku tapi belum ditahan

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Usai Bentrokan Warga di SorongKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Polisi saat ini sudah berhasil mengidentifikasi pelaku bentrokan. Namun, pelaku masih belum ditahan.

"Kita masih melakukan pendalaman terhadap pelaku-pelaku tersebut," ujarnya.

Berdasarkan keterangan Polda Papua Barat, situasi di Sorong saat ini sudah aman dan terkendali. Meski begitu, Brimob Polda Papua masih dikerahkan untuk mengamankan situasi di lokasi.

Baca Juga: Korban Tewas Akibat Bentrok di Sorong, Papua Bertambah Jadi 19 Orang

2. Wapres prihatin dengan bentrokan tersebut

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Usai Bentrokan Warga di SorongWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin prihatin timbulnya bentrokan antarkelompok masyarakat di Sorong, Papua Barat, pada Selasa (25/1/2022) dini hari. Dia berharap tidak menimbulkan kesalahpahaman yang berkelanjutan di masyarakat.

"Wapres prihatin dan apalagi itu korban jiwa sudah cukup banyak. Jadi, wapres berharap pihak keamanan lebih sigap, jangan sampai terjadi secara berkelanjutan," kata Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, dalam keterangannya dilansir dari ANTARA.

Meskipun bentrokan antarkelompok tersebut bukan berlatarbelakang suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), Ma'ruf tetap merasa prihatin, dan berharap kondisi keamanan di Papua selalu terjaga.

"Walau pun itu bukan kerusuhan berlatarbelakang SARA, dan Wapres punya tanggung jawab untuk wilayah Papua itu sejahtera dan juga aman," kata Masduki.

3. Bentrok dipicu salah paham

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Usai Bentrokan Warga di SorongANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Sebelumnya, bentrokan pecah di Sorong pada Selasa, 25 Januari dini hari. Kapolres Sorong AKBP Ary Nyoto Setiawan mengatakan bentrokan itu dipicu salah paham antarkelompok di tempat Karaoke Double O.

Akibat bentrok ini, setidaknya lebih dari 12 orang tewas. Seorang tewas akibat dibacok dan 11 lainnya terjebak dalam kebakaran di tempat karaoke tersebut.

Baca Juga: Cegah Bentrokan Susulan di Sorong, Polisi Pertemukan 2 Kelompok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya