Comscore Tracker

PPKM Level 4 Diberlakukan, KPK: Pemberantasan Korupsi Tetap Jalan

COVID-19 membuat kegiatan KPK terbatas

Jakarta, IDN Times - PPKM Level 4 di Jakarta membuat sejumlah aspek kehidupan menjadi terbatas. Kebijakan itu juga membuat kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berbeda dari biasanya.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan KPK harus meminimalisasi pegawainya ke lapangan untuk penyelidikan dan penyidikan perkara korupsi karena pandemik COVID-19. Sebagai gantinya, sejumlah kegiatan yang masih bisa tak dilakukan tatap muka akan dilakukan secara online.

"KPK meminimalisasi mobilitas pegawai turun langsung ke lapangan. Sehingga program kegiatan sebagian besar telah beralih ke daring. Meski dalam beberapa hal tetap butuh dilakukan temu fisik, sehingga pelaksanaannya pun tak jarang terkendala," kata Ali Fikri dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Sabtu (1/8/2021).

1. Ada sejumlah kegiatan yang tak bisa dilakukan offline

PPKM Level 4 Diberlakukan, KPK: Pemberantasan Korupsi Tetap JalanPlt Jubir Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri (Dok. Humas KPK)

Ali menjelaskan bahwa ada sejumlah kegiatan yang tak bisa dilakukan online. Kegiatan tersebut meliputi proses penyelidikan, penyidikan, hingga tuntutan suatu perkara korupsi.

"Misalnya, untuk menghimpun keterangan dan alat bukti," kata Ali.

Baca Juga: Tim Advokasi Save KPK Duga Pimpinan KPK Halangi Proses Penyidikan

2. Kegiatan KPK dipastikan tetap berjalan meski terbatas

PPKM Level 4 Diberlakukan, KPK: Pemberantasan Korupsi Tetap JalanPlt jubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Santi Dewi)

Meski ada keterbatasan, Ali memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan KPK bakal tetap berjalan baik. Sebab, ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan meski harus online.

"Dalam situasi pandemi dan keterbatasan personel KPK ini, kami memastikan pemberantasan korupsi tetap berjalan. Kami tetap melakukan rangkaian sidang dakwaan, tuntutan, dan putusan yang sebagian telah beralih melalui daring. Kami juga tetap melakukan upaya-upaya penyelidikan dan penyidikan melalui case building guna mengungkap terangnya suatu perkara," katanya.

3. KPK lakukan penyesuaian dengan mempertimbangkan pihak internal dan eksternal

PPKM Level 4 Diberlakukan, KPK: Pemberantasan Korupsi Tetap JalanGedung Merah Putih KPK dijaga oleh Polisi. (IDN Times/Aryodamar)

KPK mengakui pandemik COVID-19 berdampak pada upaya pemberantasan korupsi. Karena itu, KPK akan menyesuaikan teknis pelaksanaan di tengah pandemik COVID-19 dengan berbagai upaya. Selain itu, pandemik COVID-19 juga berdampak pada koordinasi dengan pihak eksternal dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Selain pertimbangan kondisi internal, juga kondisi eksternal. Karena upaya pemberantasan korupsi tentunya juga melibatkan pihak-pihak eksternal KPK. Pada waktunya, KPK akan sampaikan setiap perkembangannya kepada masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Pimpinan KPK Dicecar Komnas HAM soal Isu Ada Taliban di KPK

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya