Prabowo: Generasi Muda Harus Tahu dan Sadar dari Mana Kita Berasal

Prabowo dan Megawati resmikan patung Bung Karno

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno berkuda di Kementerian Pertahanan, Minggu (6/6/2021). Peresmian ini betepatan dengan hari lahir ke-120 Sang Proklamator.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pahlawannya," ujar Prabowo.

Menurutnya, sudah sepantasnya generasi penerus bangsa mengenang jasa Presiden Pertama RI Sukarno. Pembuatan patung Bung Karno, kata Prabowo, bukan untuk memuja-muja, tapi pewarisan nilai kebangsaan.

"Generasi muda harus mengerti dan sadar dari mana kita berasal, kita tak serta merta mendapat hadiah kemerdekaan, namun kemerdekaan itu direbut dengan darah, keringat dan air mata," kata dia.

1. Patung Bung Karno berkuda terinsipirasi peristiwa 5 Oktober 1946

Prabowo: Generasi Muda Harus Tahu dan Sadar dari Mana Kita BerasalMegawati Soekarnoputri bersama dengan Prananda Prabowo dan istrinya di depan Patung Bung Karno di Kementerian Pertahanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Baca Juga: Prabowo dan Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berkuda Hari Ini

Prabowo menjelaskan patung Bung Karno menunggang kuda terinspirasi dari kejadian pada 5 Oktober 1946. Saat itu, sebagai panglima tertinggi angkatan perang, Bung Karno menjadi inspektur upacara.

Para pemimpin tentara saat itu meminta Bung Karno melakukan inspeksi pasukan dengan naik kuda. Bung Karno membutuhkan waktu tiga hari untuk menjadi mahir naik kuda. 

"Marilah bersama berjuang agar nilai-nilai beliau tetap akan bertahan dan dipertahankan seluruh generasi penerus di hari dan tahun yang akan datang. Semoga cita-cita beliau terwujud, Indonesia berdiri di atas kaki sendiri, dihormati seluruh bangsa di dunia, dan rakyat Indonesia meraih kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan," kata Prabowo.

2. Megawati tersanjung dan mengapresiasi Prabowo

Prabowo: Generasi Muda Harus Tahu dan Sadar dari Mana Kita BerasalPrabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri (Dok.IDN Times/Istimewa)

Megawati yang juga putri Bung Karno merasa tersanjung dan berterima kasih atas penghormatan Prabowo untuk Bung Karno. Mega mengatakan peresmian patung ini sangat spesial karena bertepatan dengan hari lahir Bung Karno.

"Jadi sungguh menurut kami keluarga, sangat istimewa," kata Mega. 

3. Patung Bung Karno berada di depan

Prabowo: Generasi Muda Harus Tahu dan Sadar dari Mana Kita BerasalMegawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto (Dok.IDN Times/Istimewa)

Patung Sukarno di atas kuda itu terletak di halaman depan kompleks kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Mega hadir bersama anggota keluarganya, yakni putranya Prananda Prabowo bersama istri Nancy Prananda. Hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. 

Sementara jajaran Kementerian Pertahanan dipimpin langsung Menhan Prabowo. Sejumlah pejabat negara ikut hadir, di antaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Kepala BIN Budi Gunawan, serta para wakil kepala staf angkatan.

Baca Juga: Survei: Prabowo Capres Terkuat 2024, Ungguli Ganjar-Anies-AHY

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya