Profil Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang Kini Jadi Tersangka KPK

Budhi pernah kecanduan narkoba dan nyaris meninggal dunia

Jakarta, IDN Times - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono akhirnya ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diduga melakukan korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada 2017-2018.

Seperti apa sosok Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono? Berikut profilnya.

Baca Juga: [BREAKING] KPK Tetapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono jadi Tersangka 

1. Budhi Sarwono merupakan pengusaha

Profil Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang Kini Jadi Tersangka KPKBupati Banjarnegara, Budhi Sarwono tetap mengizinkan hajatan di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO)

Budhi Sarwono merupakan sosok berlatar belakang pengusaha, berusia 58 tahun. Mengutip situs resmi Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Budhi pernah menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Aspal Beton Indonesia, Dewan Penasihat GAPENSI Banjarnegara, dan Ketua DPP Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bumirejo Banjarnegara.

Bapak dua anak ini ternyata belum memiliki gelar sarjana. Ia merupakan tamatan SMA dan SMP Cokroaminoto, serta SD Negeri II Krandegan. Meski begitu, kedua anaknya telah meraih gelar sarjana ekonomi dan kedokteran.

2. Pernah kecanduan narkoba dan nyaris meninggal karena overdosis

Profil Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang Kini Jadi Tersangka KPKIstimewa

Budhi mengaku pernah kecanduan dan menjadi pengedar narkoba pada 1993-1998, bahkan nyaris meninggal dunia. Pengakuan itu ia utarakan ketika menjadi narasumber di acara Hotman Paris Show beberapa waktu lalu.

"Saya overdosis narkoba. Kalau kata dokter saya sudah diikat semuanya, sudah di kamar mayat. Terus saya teriak-teriak ditolong dokter terus kembali sehat," kata Budhi dalam tayangan yang dikutip IDN Times, Rabu (11/8/2021).

Nyaris meninggal dunia, ia pun bertobat dan menjadi mualaf. Menurutnya, hal itu membuatnya tenang dan jauh dari narkoba.

"Sejak itu saya tenang, ekstasi saya buang. Hasil kekayaan dari ekstasi saya bagikan semua," katanya dalam acara yang dipandu Hotman Paris dan Melaney Ricardo itu.

3. Harta Budhi mencapai Rp23,8 miliar

Profil Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang Kini Jadi Tersangka KPKBupati Banjarnegara, Budhi Sarwono (Instagram/@budhisarwono)

Mengutip Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang diunggahnya ke KPK, Budhi tercatat punya harta senilai Rp23.812.717.301 per 2020.  Harta tersebut naik sekitar Rp4,6 miliar dari awal ia menjabat sebagai bupati.

Bupati yang diusung Partai Demokrat, Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini tercatat memiliki satu tanah dan bangunan di Kabupaten Banjarnegara senilai Rp1,1 miliar. Ia juga memiliki tanah di Banjarnegara senilai Rp132,9 juta.

Budhi juga melaporkan bahwa ia memiliki harta bergerak lainnya Rp54,2 juta, surat berharga senilai Rp10,8 miliar, serta kas dan setara kas senilai RP11,6 miliar. Berdasarkan LHKPN, Budhi tercatat tak punya utang dan kendaraan.

Baca Juga: [BREAKING] Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Diduga Raup Rp2,1 Miliar dari Proyek

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya