PT LRT: Harga Tiket Rp5.000 Sekali Jalan

PT LRT tunggu Pemprov DKI putuskan tanggal beroperasinya LRT

Jakarta, IDN Times - Berbeda dengan Kereta Moda Raya Terpadu (MRT), PT LRT Jakarta menerapkan tarif satu harga (flat) bagi pengguna Lintas Rel Terpadu (LRT) koridor Kelapa Gading-Velodrome.

Corporate Communication PT LRT Jakarta, Melisa Suciati mengatakan, tarif tiket LRT Jakarta ditetapkan sebesar Rp5.000 sekali jalan.

1. Penetapan harga diinstruksikan Anies Baswedan

PT LRT: Harga Tiket Rp5.000 Sekali JalanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Penetapan harga flat ini diinstruksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melalui Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit (MRT) dan Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit (LRT).

"Tarif LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading-Velodrome telah ditetapkan flat sebesar Rp 5.000," kata Melisa melalui keterangan tertulis, Rabu (3/4/).

2. PT LRT tunggu Pemprov DKI putuskan tanggal dimulainya operasi komersial LRT

PT LRT: Harga Tiket Rp5.000 Sekali JalanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meski tarif ditetapkan, namun PT LRT sendiri belum bisa memastikan kapan LRT beroperasi secara komersial. Melisa menyebut, pihaknya telah melapor semua persyaratan laik jalan moda transportasi ini kepada Anies.

"Kami telah menyampaikan laporan kesiapan operasi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang kemudian menjadi pertimbangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menetapkan tanggal dimulainya operasi komersial LRT Jakarta," tuturnya.

3. Sudah dapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan

PT LRT: Harga Tiket Rp5.000 Sekali JalanANTARA FOTO/Galih Pradipta

Melisa mengatakan, semua rangkaian kereta LRT telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Kemenhub menyatakan, seluruh rangkaian kereta LRT memenuhi persyaratan teknis dan layak operasi.

Bahkan, karyawan operasi dan perawatan PT LRT telah mengantongi Sertifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang diterbitkan oleh Kemenhub.

"Dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengoperasian LRT Jakarta telah disetujui dan ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan," katanya.

4. Sempat menargetkan beroperasi Februari 2019

PT LRT: Harga Tiket Rp5.000 Sekali JalanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pada Desember lalu, PT LRT sempat yakin jika LRT bisa beroperasi pada Februari 2019. Ada sejumlah persiapan yang saat itu dilakukan agar pengoperasian LRT, mulai dari infrastruktur, sarana dan prasarana, berjalan lancar.

“Ada dua jenis pekerjaan besar sarana dan prasaran jadi di PT LRT, sarana yang paling kelihatan kereta, dan prasarana struktur stasiun yang sedang kita kerjakan dan kebut untuk mengerjakan target operasi kami awal 2019,” kata Direktur Proyek LRT Jakarta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin di kantor PT LRT Jakarta, Rabu (20/12).

Baca Juga: Tarif MRT dan LRT Masih Bisa Berubah Hingga Anies Teken Kepgub

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya