Ratusan Bus Mangkrak, PT TransJakarta: Itu Bukan Milik Kami

Bus mangkrak milik kontraktor pemenang lelang tahun 2013

Jakarta, IDN Times - Ratusan bus TransJakarta yang mangkrak di Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Ciputat, Tangerang Selatan dan di lahan kosong Jalan Raya Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjadi sorotan. Publik bertanya-tanya tentang kepemilikan bus-bus tersebut.

Menanggapi masalah ini, PT TransJakarta membantah keterlibatan pihaknya soal bus bertuliskan TransJakarta yang mangkrak di kawasan Ciputat dan Bogor.

"Bahkan (bus itu) belum sempat ke TransJakarta, kami sebagai 'end user' belum terlibat sama sekali. Kita nggak pernah terlibat," ujar Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT TransJakarta Achmad Izzul Waro, di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu (31/7).

1. Bus mangkrak tak ada hubungannya dengan PT TransJakarta

Ratusan Bus Mangkrak, PT TransJakarta: Itu Bukan Milik KamiIDN Times/Muhamad Iqbal

Achmad membenarkan bus mangkrak itu berasal dari pengadaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan pada 2013.

Namun, ia menegaskan, pengadaan bus tersebut sudah dibatalkan, sehingga urusan bus mangkrak tersebut tidak ada hubungannya dengan PT TransJakarta saat ini.

"Sebelum TransJakarta lahir, kami sebagai PT juga enggak tahu menahu bagaimana prosesnya dan juga nggak terlibat," ujar dia.

Baca Juga: Fahira Dukung Rencana Pemprov DKI Gugat Penyedia Bus TransJakarta

2. Bus mangkrak milik kontraktor pemenang lelang tahun 2013

Ratusan Bus Mangkrak, PT TransJakarta: Itu Bukan Milik KamiIDN Times/Muhamad Iqbal

Achmad menjelaskan, bus mangkrak tersebut itu milik kontraktor pemenang lelang tahun 2013, dan hingga kini ini masih ada piutang yang harus dikembalikan akibat pembatalan kontrak.

Selain itu, ia menyebut kontraktor pemenang bus tersebut ada lebih dari satu perusahaan, sehingga sekitar 300 bus yang mangkrak memiliki pemilik berbeda.

"Kontraktor pemenang lebih dari satu. Salah satunya PT Inka Inobus, hanya salah satu perusahaan pemenang," ujar dia pula.

"Sudah jelas bahwa itu bukan barang milik kita, dan PT TransJakarta belum lahir pas saat kejadian tersebut," kata dia.

3. Ada 300 bus dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018

Ratusan Bus Mangkrak, PT TransJakarta: Itu Bukan Milik KamiIDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya, sejumlah bus bertuliskan TransJakarta ditemukan terbengkalai di Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain itu, Bus Transjakarta yang sudah tidak digunakan lagi diparkir di lahan kosong di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong sejak 2018.

Baca Juga: Selain di Bogor, Bus Transjakarta  Mangkrak Juga Ada di Tangsel

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya