Reaksi Firli Usai Kapolri Mutasi Direktur Penyidikan KPK Jadi Kapolda 

Direktur Penyidikan KPK bakal jadi Kapolda NTT

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah perwira Polri, termasuk Pati Bareskrim Polri yang mendapat penugasan sebagai Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigjen Setyo Budiyanto.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan ia akan bersurat kepada Mabes Polri mengenai rotasi jabatan itu.

"Sekaligus KPK akan membuka seleksi untuk mengisi jabatan tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku," ujar Firli saat dikonfrimasi IDN Times melalui pesan singkat, Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga: Mabes Polri Rotasi 229 Perwira Polri, Ini Daftarnya

1. Setyo Budiyanto jadi Direktur Penyidikan KPK sejak September 2020

Reaksi Firli Usai Kapolri Mutasi Direktur Penyidikan KPK Jadi Kapolda Plh Deputi Penindakan KPK Setyo Budiyanto (Dok. Humas KPK)

Diketahui, Setyo Budiyanto dilantik Firli Bahuri menjadi Direktur Penyidikan KPK pada September 2020. Sebelum di KPK, Setyo sempat menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Pelaksana Tugas Direktur Penyidikan.

Setyo akan menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia menggantikan Irjen Lotharia yang juga dimutasi menjadi Kapolda Maluku sepeninggal Irjen Refdi Andri yang dimutasi ke Pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

2. Sejumlah kapolda dirotasi

Reaksi Firli Usai Kapolri Mutasi Direktur Penyidikan KPK Jadi Kapolda Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo. (dok. Humas Polri)

Selain itu, Listyo Sigit juga memutasi Kapolda Bengkulu. Posisi itu akan diisi Irjen Agung Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Wairwasum Polri. Ia menggantikan Guntur Setyanto yang pensiun tahun ini.

Posisi Kapolda Kalimantan Barat yang sebelumnya diisi Irjen Remigius Sigid Trihardjanto akan diisi Irjen Suryanbodo. Remigius akan menjadi Kadivkum Polri menggantikan Suryanbodo.

Irjen Mohammad Iqbal yang sebelumnya menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat akan mengisi posisi Kapolda Riau yang ditinggalkan Irjen Agung Setya. Agung dimutasi untuk mengisi Asops Kapolri.

Lalu, jabatan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) akan diisi Irjen Imam Sugianto setelah meninggalkan jabatan Asops Kapolri. Kemudian, Irjen Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kaltim dirotasi sebagai Kasespim Lemdiklat Polri.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mutasi 7 Kapolda, Siapa Saja? 

3. Mabes Polri benarkan rotasi sejumlah kapolda

Reaksi Firli Usai Kapolri Mutasi Direktur Penyidikan KPK Jadi Kapolda Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono (Dok. Humas Polri)

Rotasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/2568/XII/KEP./2021 yang ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Sutrisno Wahyu Widada pada17 Desember 2021. Mabes Polri menyebut mutasi adalah hal yang biasa.

"Ya benar proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and area serta penyegaran," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Rusdi Hartono kepada wartawan, Sabtu (18/12/2021).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya