Rekening 4 OB Kemensos Sering Dipakai Transfer Keperluan Juliari

Jumlahnya miliaran rupiah

Jakarta, IDN Times - Eks Sekretaris Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara, Selvy Nurbaety mengaku sering menggunakan rekening milik office boy di Kementerian Sosial, untuk mentransfer dana operasional menteri. Pengakuan itu ia utarakan dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

"Terima transfer dari Pitra Yusuf ke rekening saya biasanya untuk Dana Operasional Menteri Pak, saya suka titip," kata Selvy, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Penyuap Juliari Batubara: Saya Dijebak Broker 

1. Jumlah uang yang dititipkan mencapai miliaran rupiah

Rekening 4 OB Kemensos Sering Dipakai Transfer Keperluan JuliariMantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara tiba untuk menjalani pemeriksaan perdana di gedung KPK, Jakarta, Rabu (23/12/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Diketahui, ada empat OB yang pernah dititipi transfer uang oleh Selvy yakni Pitra Yusuf Saputra, M Arifin, Agus Gunawan, dan Risnawati. Hakim menilai uang yang dititipkan ke mereka bukan jumlah yang sedikit.

Sebagai contoh, kata Jaksa, Pitra Yusuf mentransfer Rp100 juta, Rp50 juta, Rp45 juta. Kemudian, ada transfer dari rekening Agus Gunawan sebesar Rp95 juta, M Arifin sebesar Rp60 juta, Pitra Yusuf Rp80 juta, Muhammad Arifin Rp120 juta, Agus Gunawan Rp67 juta, dan Pitra Yusuf Rp30 juta.

Selain itu, ada juga transfer dari Risnawati sebesar Rp30 juta dan Rp50 juta, Putra Yusuf pada Oktober 2020 sebesar Rp50 juta, 11 November 2020 sebesar Rp40 juta, M Arifin pada 17 November sebesar Rp40 juta, dari rekening Pitra Yusuf pada 25 November sebesar Rp30 juta, dan pada 1 Desember Rp96 juta.

"Jadi tiga OB ini Arifin, Yusuf, si Agus ini telah setor tunai ke rekening saudara sekitar Rp1,3 miliar dan di posisi terakhir Desember saldo saudara tinggal Rp5,9 juta. Apa pertimbangan sehingga uang honorarium menteri itu saudara minta setorkan melalui OB? Coba jelaskan. Saya mau lihat saudara jujur atau tidak," tanya ketua majelis hakim Muhammad Damis.

"Karena saya tidak sempat ke bank, jadi saya titipkan ke OB untuk disetorkan," jawab Selvy.

2. Selvy tak khawatir titipkan uang keperluan Juliari dalam jumlah besar

Rekening 4 OB Kemensos Sering Dipakai Transfer Keperluan JuliariMenteri Sosial Juliari P Batubara tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (6/12/2020). Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan COVID-19 di Kementerian Sosial. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Selvy menjelaskan uang tersebut berasal dari Biro Umum Kementerian Sosial. Ia mengaku tak khawatir menitipkan uang honor, SPPD perjalanan dinas, dan Dana Operasional Menteri (DOM) dalam jumlah banyak kepada office boy.

"Tidak karena di kantor posisinya," kata dia.

3. Selvy mengaku kenal Juliari Batubara sejak 2003

Rekening 4 OB Kemensos Sering Dipakai Transfer Keperluan JuliariTersangka mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/1/2021). Juliari Batubara diperiksa terkait kasus dugaan suap pengadaan Bantuan Sosial (bansos) penanganan COVID-19 (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selvy telah menjadi sekretaris pribadi Juliari sejak 2003, saat Juliari menjadi Direktur PT Wiraswasta Gemilang Indonesia.

Selvy menjadi saksi untuk terdakwa mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang didakwa menerima suap Rp32,482 miliar dari 109 perusahaan penyedia bansos COVID-19.

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Muncul di Sidang Suap Juliari Batubara, Ada Apa?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya