Relawan dan Jurnalis Asian Games 2018 Bisa Naik Transjakarta Gratis

Bagaimana syarat dan ketentuan untuk menikmati fasilitas tersebut?

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira untuk kamu yang menjadi sukarelawan dan jurnalis yang meliput Asian Games 2018 yang akan berlangsung mulai 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI jakarta bersama dengan Indonesia Asian Games 2018 Organising Committee (INASGOC) akan menggratiskan biaya Transjakarta selama berlangsungnya event olahraga antar negara Asia itu.

1. Bagaimana syarat dan ketentuan untuk menikmati fasilitas tersebut?
 

Relawan dan Jurnalis Asian Games 2018 Bisa Naik Transjakarta GratisIDN Times/Indiana Malia

Sukarelawan dan jurnalis tidak perlu risau akan rumitnya syarat untuk menikmati fasilitas Transjakarta secara gratis. Pemprov DKI Jakarta hanya meminta sukarelawan dan jurnalis untuk menunjukan kartu tanda pengenal khusus Asian Games 2018 saja.

Baca juga: Selama Asian Games 2018, Berikut Ruas Tambahan Ganjil-Genap

“Jadi tadi kita mengambil kebijakan bahwa para volunteers dan awak media itu bisa menggunakan Transjakarta secara gratis dan mereka bisa pakai yang penting terdaftar. Mereka akan mendapatkan ID yang bisa digunakan untuk naik Transjakarta secara gratis,” ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balaikota, Jakarta, Kamis, (24/5).

2. Penggratisan supaya tidak banyak kendaraan pribadi yang digunakan

Relawan dan Jurnalis Asian Games 2018 Bisa Naik Transjakarta GratisANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Anies beralasan, pengratisan biaya Transjakarta selama Asian Games 2018 bagi sukarelawan dan jurnalis dilakukan agar tidak banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Mereka tidak harus mencari kendaraan privat tapi bisa gunakan kendaraan umjm massal untuk sampai lokasi,” jelas Anies.

3. Akan ada titik-titik parkir di sejumlah tempat

Relawan dan Jurnalis Asian Games 2018 Bisa Naik Transjakarta GratisIDN Times/Sukma Shakti

Pemprov DKI Jakarta berencana menyediakan sejumlah titik-titik parkir untuk menampung kendaraan sehingga pengendara bisa beralih ke kendaraan umum.

“Itu yang sedang difinalkan. Ada dua kategori titik parkir. Pertama di pinggir Jakarta untuk menampung kendaraan dari luar Jakarta sehingga tidak perlu masuk, kedua di sekitar venue sehingga kendaraan tidak harua mendekat ke venue,” jelas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan itu menjelaskan jika titik-titik itu dalam waktu dekat akan diumumkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

“InsyaAllah diumumkan oleh Dishub sebelum lebaran,” ucapnya.

Baca juga: Amankan Asian Games, Pemerintah Siapkan 100 Ribu Pasukan Keamanan


 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya