Comscore Tracker

Relawan Kecewa Masker untuk Rizieq, Wagub DKI: Harusnya Bekerja Ikhlas

Sejumlah relawan mundur karena kecewa masker untuk Rizieq

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyayangkan sejumlah relawan penanganan COVID-19 mundur dari tugasnya. Para relawan itu mundur karena kecewa pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang membagikan 20 ribu masker untuk acara Pendiri Front Pembela Islam (FPI).

Menurut Riza, relawan seharusnya bekerja dengan ikhlas, sungguh-sungguh, dan penuh pengorbanan.

"Harusnya itu setiap relawan mengedepankan keikhlasan, ketulusan, tanggung jawab, dan amanah," jelas Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/11/2020).

1. Riza Patria sebut pembagian masker untuk pencegahan dan perlindungan

Relawan Kecewa Masker untuk Rizieq, Wagub DKI: Harusnya Bekerja IkhlasRiza Patria (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Riza juga membela langkah BNPB membagikan masker kepada pengunjung yang datang ke acara Rizieq Shihab. Menurutnya, itu merupakan bentuk pencegahan dan perlindungan dari penularan COVID-19.

"Masker dibagikan BNPB dalam rangka mencegah dan melindungi itu yang bisa dilakukan," jelasnya.

Baca Juga: Wagub DKI akan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Rizieq Senin Depan

2. Ketua Satgas diminta bertanggung jawab

Relawan Kecewa Masker untuk Rizieq, Wagub DKI: Harusnya Bekerja IkhlasKepala BNPB RI Dono Monardo. Dok. BNPB

Diberitakan sebelumnya, sejumlah relawan Satgas COVID-19 menyatakan mosi tidak percaya kepada Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo, dengan melakukan aksi pengembalian rompi dan ID Card relawan.

Koordinator Aksi, Abdul Mupid mengaku merasa dikhianati pimpinan yang membagikan 20 ribu masker di acara Maulid Nabi, sekaligus pernikahan anak pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab beberapa waktu lalu.

"Kami sudah kerja keras mulai awal sampai saat ini walaupun tidak digaji tapi kita tetap semangat. Namun, penghargaan sesaat yang selama ini kita lakukan hilang begitu saja saat kepala (Doni Monardo) membagikan masker," ujarnya pada Kamis (19/11/2020).

Menurut Abdul Mupid, selama ini relawan mati-matian memberikan kepercayaan di masyarakat namun hal itu kandas saat dikhianati pimpinan sendiri.

"Untuk itu kami meminta agar Ketua Satgas bertanggung jawab," tegasnya.

3. Ketua relawan pahami perasaan anggotanya yang mundur

Relawan Kecewa Masker untuk Rizieq, Wagub DKI: Harusnya Bekerja IkhlasRelawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menggelar rapid test massal di lahan parkir Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara (Dok.Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19)

Sementara itu, Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas COVID-19) Andre Rahadian menegaskan pihaknya tidak pernah melakukan kegiatan pengembalian atribut relawan seperti rompi dan tanda pengenal (ID Card).

Meski demikian, Andre Rahadian memahami perasaan beberapa relawan yang telah melakukan aksi tersebut.

“Kami menerima ini sebagai bentuk aspirasi beberapa orang relawan. Kami menampung aspirasi ini. Tapi kami yakin dalam hati kecil para relawan mereka tetaplah relawan. Apalagi selama ini sudah terbukti kerja para relawan mampu membantu warga yang mengalami masa sulit selama wabah coronavirus ini,” ungkapnya dalam siaran tertulis.

Baca Juga: Kecewa Masker untuk Rizieq, Relawan Satgas Nyatakan Mosi Tidak Percaya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya