Rizieq Shihab Akhirnya Ngaku Sempat Tertular COVID-19 di Bandara

"Saya sendiri terkena COVID dari Bandara bukan di Maulid."

Jakarta, IDN Times - Terdakwa kasus pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rizieq Shihab mengaku sempat terpapar COVID-19 atau virus corona saat berada di Bandara.

Pengakuan itu ia ungkapkan dalam sidang kasus tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (22/4/2021). Sidang kali ini, beragenda mendengarkan keterangan para saksi atas kasus kerumunan saat Rizieq menggelar pesta pernikahan putrinya yang bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun lalu.

Baca Juga: Jaksa: Rizieq Shihab Sempat Positif dan Picu Klaster COVID-19 di Bogor

1. Rizieq bantah Tertular COVID-19 di Petamburan

Rizieq Shihab Akhirnya Ngaku Sempat Tertular COVID-19 di BandaraRizieq Shihab (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Pengakuan itu bermula ketika Rizieq heran karena mantan Lurah Petamburan Setiyanto mengaku terpapar COVID-19 usai hadir dalam kerumunan acara pernikahan anak perempuan Rizieq, Syarifah Najwa Shihab. Sebab, jajaran panitia hingga eks Ketua Umum FPI yang berada dalam satu panggung acara itu tak terpapar COVID-19.

"Ustaz Shabri, Ustaz Maman, Ustaz Hari, Ustaz Ali, Ustaz Alaidrus ada di atas panggung bersama dengan saya, di ousat kerumunan, tapi tidak ada uang yang terkena Covid. Saya sendiri terkena Covid dari Bandara bukan di Maulid," kata Rizieq.

2. Rizieq Shihab sebut tak ada Klaster penularan COVID-19 usai acara di Petamburan

Rizieq Shihab Akhirnya Ngaku Sempat Tertular COVID-19 di BandaraRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Setiyanto menjelaskan bahwa ia baru tahu terpapar COVID-19 ketika hendak menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Seharusnya, ia diperiksa sebagai saksi dalam kasus kerumunan di Petamburan tapi ditunda karena positif COVID-19.

Menurut Rizieq, pengakuan Setiyanto itu membuktikan bahwa tak ada klaster penularan COVID-19 di Petamburan usai pernikahan anaknya dan peringatan Maulid Nabi.

"Tak ada klaster berarti. Pak Kapolres juga bilang begitu," tutur Rizieq. 

Baca Juga: Rizieq Marah dan Tunjuk-Tunjuk Jaksa di Sidang Kerumunan Petamburan

3. Rizieq Shihab jadi terdakwa dalam kasus kerumunan Petamburan

Rizieq Shihab Akhirnya Ngaku Sempat Tertular COVID-19 di BandaraRizieq Shihab (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Rizieq Shihab menjadi terdakwa dalam kasus kerumunan pernikahan putrinya Syarifah Najwa Shihab, yang digelar di Petamburan, Jakarta, Pusat, 14 November 2020. Rizieq didakwa telah menghasut terciptanya kerumunan di kawasan tersebut pada acara yang sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Rizieq Shihab Akui Ajak Simpatisan Ikut Maulid Nabi di Petamburan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya