Comscore Tracker

RSCM Kebanjiran, Ini Langkah yang Diambil Menkes Terawan

Menkes mengupayakan alat-alat kesehatan bisa berfungsi lagi

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto datang ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk mengecek kondisi genangan yang merendam sejumlah fasilitas kesehatan akibat hujan yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (22/2) dini hari hingga Minggu (23/2).

Terawan yang tiba di RSCM sekitar pukul 13.00 WIB, langsung mengecek ruang radiologi yang terdampak banjir. Kedatangannya didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti, Kepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi Gunawan, dan Direktur Pengembangan dan Pemasaran RSCM Ratna.

"Saya mengecek, oh ternyata sudah dikeringkan. Kita sudah panggil para vendor untuk melakukan tindakan hang bisa membuat alat itu beroperasional," kata Terawan.

1. Vendor dari alat-alat kesehatan yang terdampak banjir akan dipanggil

RSCM Kebanjiran, Ini Langkah yang Diambil Menkes Terawan(Petugas Damkar DKI membersihkan dampak banjir yang menggenangi RSCM) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Terawan mengatakan pihaknya sudah memanggil vendor-vendor dari alat-alat kesehatan terkait untuk mengecek apakah alat- alat tersebut dapat beroperasi normal atau tidak setelah terdampak banjir.

"Kan kalau habis terendam untuk dinyalakan harus dicek. Radiasinya cocok apa tidak. Tetap harus dilakukan pengecekan," katanya.

Baca Juga: RSCM Kebanjiran, Sejumlah Alat Kesehatan Terendam

2. Tinggi genangan mencapai delapan sentimeter

RSCM Kebanjiran, Ini Langkah yang Diambil Menkes TerawanKondisi Pascabanjir di RSCM, Minggu (23/2). (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Kepala Bagian Pemasaran RSCM Ananto menjelaskan, pada pukul 05.00 WIB banjir menggenangi selasar Gedung GH RSCM setinggi delapan cm. Akibatnya sejumlah ruangan yang berada di dekat lokasi yakni ruang radiologi dan radioterapi tergenang.

Ia menyebut genangan di ruangan tersebut berhasil diatasi pada pukul 08.00 WIB.

3. Sejumlah alat-alat kesehatan terendam banjir

RSCM Kebanjiran, Ini Langkah yang Diambil Menkes TerawanKondisi RSCM yang terendam banjir dari akun Twitter Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo. (Twitter/@aw3126)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo melalui Twitter mengungkapkan ada sejumlah alat-alat kesehatan di RSCM yang terendam banjir.

"Alat yg kebanjiran: Stationary xray ceiling, Fluoroscopy, Mammography, Stationary xray floor, Mobile xray, 2 unit ct scan,1 unit ultra sound ‘accuson’ terendam, Seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam, 1 unit MRI siemens terendam," ujar dia seperti IDN Times kutip dari akun Twitternya.

Baca Juga: Ketinggian Air Mencapai 8 Cm, Begini Kronologi Banjir di RSCM

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya