Sekeliling Ka'bah Dijaga Ketat, Jemaah Dilarang Cium Hajar Aswad

Ada 2.776 jemaah haji asal Indonesia ke Tanah Suci

Jakarta, IDN Times -  Ka'bah di Masjidil Haram, Mekkah masih dijaga ketat oleh tentara penjaga atau Askar agar tidak tersentuh para jemaah haji. Bahkan, sekeliling Ka'bah juga dipasang pembatas.

Salah satu penjagaan ketat itu berada di titik Hajar Aswad. Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Agama, sejumlah jemaah yang menjalankan tawaf pun tampak memahami kebijakan Saudi ini. Mereka tidak berani merangsek demi bisa mencium Hajar Aswad atau batu hitam itu.

Sebagian lain hanya berupaya mendekat untuk sekadar melihat lebih jelas. Beberapa jemaah yang dinilai terlalu lama berada di dekat Hajar Aswad juga bakal diminta oleh Askar untuk segera jalan. 

"Mencium atau menyentuh Hajar Aswad itu sunah, jadi jangan sampai dipaksakan," ujar Kepala Seksi Petugas dan Keamanan Jamaah Daker Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Maskat, Sabtu (4/6/2022).

1. Ada 2.776 jemaah haji asal Indonesia ke Tanah Suci

Sekeliling Ka'bah Dijaga Ketat, Jemaah Dilarang Cium Hajar AswadCalon Jemaah Haji kloter pertama tiba di Asrama Haji Donohudan. (IDN Times/Larasati Rey)

Diketahui, sebanyak 2.776 jemaah haji asal Indonesia telah berangkat ke tanah suci, Mekkah, Arab Saudi. Para jemaah yang berangkat itu tergabung dalam 7 kloter dan 5 embarkasi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak jamaaah yang berangkat untuk menata niat untuk beribadah. Mereka diminta mengingat bahwa perjalanan ke Tanah Suci untuk melaksanakan rukun Islam kelima.

"Niat kita ke tanah suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain," ujar Yaqut dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/6/2022).

Yaqut meminta jemaah haji menjaga kesehatan karena cuaca panas di Arab Saudi. Lalu, mantan Ketua Umum GP Ansor itu mengimbau jemaah untuk membatasi kegiatan di luar ibadah.

"Hanya lakukan kegiatan ibadah. Dan kegiatan di luar ibadah, seperlunya. Saya berharap ini benar-benar diperhatikan Bapak Ibu sekalian, agar selama pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan (bisa) melaksanakan semua syarat dan rukun haji," ujarnya.

Baca Juga: Menag Yaqut Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Bandara Soetta

2. Kemenag siapkan petugas

Sekeliling Ka'bah Dijaga Ketat, Jemaah Dilarang Cium Hajar AswadDok. IDN Times/Istimewa

Kemenag telah menyiapkan petugas untuk membantu jemaah menjalankan ibadah haji. Petugas itu meliputi pendamping kloter dan petugas yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji, tiap kloter disertai empat orang petugas yang terdiri dari satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembimbing Ibadah haji Indonesia ( TPIHI), serta dua orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). 

"Jangan segan-segan bertanya kepada petugas bila mengalami kendala. Karena Kementerian Agama sudah menugaskan banyak sekali petugas di sana untuk membantu Bapak Ibu sekalian," ungkapnya. 

Baca Juga: Kemenkes Kerahkan 776 Petugas Kesehatan untuk Layani Jemaah Haji  

3. Data keberangkatan 2.776 jemaah haji

Sekeliling Ka'bah Dijaga Ketat, Jemaah Dilarang Cium Hajar AswadIDN Times/Fitria Madia

Berikut ini data keberangkatan 2.776 jemaah haji Indonesia pada 4 Juni 2022:

1. Embarkasi Solo: 360 jemaah
2. Embarkasi Jakarta - Pondok Gede: 393 jemaah
3. Embarkasi Jakarta - Bekasi: 410 jemaah
4. Embarkasi Solo: 360 jemaah
5. Embarkasi Jakarta - Bekasi: 410 jemaah
6. Embarkasi Surabaya: 450 jemaah
7. Embarkasi Padang: 393 jemaah

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya