Setya Novanto Pelesiran di Bandung, Begini Kronologinya

Sekarang Setya Novanto dipindah ke Rutan Gunung Sindur Bogor

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini mantan ketua DPR Setya Novanto yang menjadi narapidana kasus korupsi KTP-elektronik (KTP-e) sempat bikin heboh lantaran diketahui pelesiran di sebuah toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6) malam.

Aksi minggat Setnov, sapaan akrab Setya Novanto, itu terekam dalam sebuah foto yang viral di media sosial. Dalam foto tersebut, ia menggunakan kemeja lengan pendek, kepala ditutupi topi hitam dan wajah yang yang tertutup masker.

Tak hanya itu, dalam gambar tersebut ia juga tampak tengah berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang menenteng tas warna merah.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM lun akhirnya menjelaskan kronologi terkait kaburnya Setnov.

1. Setnov sedang berobat ke RS Santosa Bandung, dirawat di lantai 8 kamar 851

Setya Novanto Pelesiran di Bandung, Begini KronologinyaIDN Times/Istimewa

Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Ade Kusmanto melalui siaran persnya menjelaskan pada Senin (10/6), dilaksanakan sidang tim pengamat pemasyarakatan untuk mengusulkan perawatan lanjutan di rumah sakit luar lapas dalam hal ini RS Santosa Bandung.

"Pada Selasa (11/6) dengan pengawalan petugas lapas dan Kepolisian Sektor Arcamanik. Sekitar pukul 10.23 WIB Setnov diberangkatkan untuk menjalani perawatan di RS Santosa Bandung," kata Ade seperti dikutip dari Antara.

Pada hari yang sama, ungkap dia, Setnov tiba di RS Santosa Bandung pukul 10.41 WIB dengan keluhan sakit tangan sebelah kiri tidak bisa digerakkan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter RS Santosa, Setnov menjalani perawatan rawat inap di lantai 8 kamar 851 RS Santosa," kata dia

2. Setnov menghilang dengan izin membayar administrasi rumah sakit

Setya Novanto Pelesiran di Bandung, Begini Kronologinyaistimewa

Pada Jumat (14/6) pukul 14.22 WIB dilaksanakan serah terima pengawalan di RS Santosa Bandung dari petugas atas nama FF ke petugas atas nama S berdasarkan surat perintah Kalapas No.W.11.PAS.PAS1.PK.01.04.02-4045.

"Pukul 14.42 WIB Setnov keluar ruang perawatan menuju lift menggunakan kursi roda didampingi keluarganya dan meminta izin untuk menyelesaikan administrasi rawat inap di lantai 3 RS Santosa," ujar Ade.

Kemudian pada pukul 14.50 WIB, pengawal atas nama S mengecek ke ruang administrasi bahwa ternyata Setnov tidak ada di ruang administrasi.

"Pukul 17.43 WIB, Setnov kembali ke RS Santosa dan pukul 19.45 WIB, pengawal atas nama S dan Setnov tiba di Lapas Klas I Sukamiskin," ucap Ade.

Ia pun menyimpulkan bahwa benar Setnov tidak ada di RS Santosa pada pukul 14.50 WIB sampai 17.43 WIB.

Baca Juga: Selain Pelesiran, Ini Deretan Ulah "Papa" Setnov di Lapas Sukamiskin

3. Setnov dipindah ke Rutan Gunung Sindur

Setya Novanto Pelesiran di Bandung, Begini Kronologinya(Terpidana Setya Novanto tengah bercengkerama dengan M. Nazaruddin) Dokumentasi Ombudsman

Setelah kejadian itu Ditjen PAS langsung melakukan sejumlah langkah. Pertama dilakukan pemeriksaan sementara pada petugas pengawal atas nama S oleh tim pemeriksa.

Kedua, dilakukan pendalaman dan pemeriksaan terhadap Setnov yang telah menyalahgunakan izin berobat oleh tim pemeriksa .

"Setnov dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur. Pertimbangannya karena Rutan Gunung Sindur adalah rutan dengan pengamanan maksimun 'one man one cell' untuk teroris," kata Ade.

4. Setnov dipindahkan agar tak terjadi pelanggaran lagi

Setya Novanto Pelesiran di Bandung, Begini Kronologinya(Setya Novanto saat persidangan e-KTP) Istimewa

Penempatan itu bertujuan agar tidak terjadi pelanggaran tata tertib lapas/rutan yang dilakukan kepada Setnov.

"Selanjutnya apakah Setnov akan tetap menjalani pidana di Rutan Gunung Sindur atau tidak, menunggu hasil pemeriksaan tim Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat beserta tim dari Ditjen PAS," ujar Ade.

Baca Juga: Kumham Akui Ada Petugas Tak Jalankan SOP Maka Setnov Bisa Pelesiran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya